Wednesday, April 22, 2015

BALLET CLASS FOR TODDLERS

Buat yang rajin mengikuti feed instagram Inaaya, i think you guys might knows that i've put her in a beginning ballet class atau ditempat latihan Inaaya disebut Baby Ballet Class. Inaaya saat ini mengikuti aktifitas Baby Ballet Class yang dikhususkan untuk anak umur 2-3 tahun tapi kadang dia suka loncat juga main ke kelas Pre-Ballet untuk anak 3-5 tahun dan alhamdulilah sejauh ini dia bisa mengikuti dengan sangat baik. Awalnya saya tertarik untuk memasukkan Inaaya ke kelas   karena melihat ketertarikan dia dalam hal menari. Dirumah dia sering menari sambil mendengarkan lagu-lagu anak dan menurut saya tidak ada salahnya untuk mengajak dia lebih sering menari di luar rumah. Menurut salah satu teacher ballet Inaaya, Ms. Carol, Ballet di usia dini sangat bagus untuk kekuatan fisik dan kelincahan si Kecil, dapat meningkatkan konsentrasi , mengembangkan pemahaman tentang musik dan irama dan serta dapat membantu si Kecil mempelajari gerakan indah yang terbentuk dengan penuh cinta. Nah, saya mau sedikit share mengenai beberapa manfaat yang saya rasakan dari memasukkan Inaaya ke kelas Ballet usia dini.

Phsyical Benefit
Dari segi fisik, entah hanya perasaan saya atau bagaimana tapi saya melihat Inaaya semakin balance. Dulu Inaaya langganan banget jatuh miring-miring kalau lagi jalan maupun lari. Sekarang setiap dia mau jatuh, pasti dia langsung mencoba menyeimbangkan badannya. Nah melalui kelas ballet ini juga, Inaaya mulai mempelajari bahwa the possibilities of movement are endless and fun to explore. Buktinya dia suka mengkreasikan gerakan ballet nya ke bentuk yang aneh-aneh seperti kaki diangkat super tinggi dengan satu tangan tapi bentuknya malah jadi aneh kalau buat ibunya *hah*

Social Benefits
Since Inaaya is always attending her classes regularly, saya bisa melihat Inaaya semakin baik dalam hal developing her social skills. Dia mulai hafal nama teman-teman di kelas ballet nya, dan selalu semangat untuk berangkat ke studio ballet. Bahkan dari umur 2 tahun kurang, saya sudah berhasil memasukkan Inaaya ke kelas sendirian tanpa harus saya dampingi berkat dia semangat untuk bermain dan menari bersama dengan teman-temannya. I'm a proud mama! Oh iya, bahkan salah satu teman di kelas Inaaya ada yang benar-benar pemalu loh, tapi semenjak mengikuti kelas ballet dia mulai senang bersosialisasi dengan orang banyak.

Educational Benefits
Dalam ballet, Inaaya mempelajari beberapa kombinasi gerakan, musik, irama, dan performa di depan guru dan teman-temannya. Melalui hal tersebut saya bisa melihat beberapa peningkatan yang dimulai dari Attention Skills dimana dia belajar fokus untuk memperhatikan gerakan yang diberikan oleh teachernya, padahal dari awal pertama kali mengikuti kelas dia hanya melihat sekilas lalu bermain-main sendiri hingga lama-kelamaan Inaaya mulai terfokus untuk mengikuti setiap gerakan selama kurang lebih 45 menit. Memory skills nya pun juga terasah melalui kelas ballet karena sesampainya dirumah dia bisa langsung mengulang kembali gerakan yang sudah diajarkan di studio untuk dipamerkan di depan ayahnya! 



1 comment: