Tuesday, April 14, 2015

SCREEN PRINTING

Weekend kemarin, saya lagi punya banyak waktu luang setelah seminggu super sibuk mengurus urusan rumah dan pekerjaan. Jadi pada hari Minggu, saya iseng mengikuti salah satu workshop screen printing yang diadakan di Club Kembang, Kemang. Acara ini diadakan oleh Wewo Craft yang secara tidak sengaja saya lihat di Instagram. Turns out kalau workshop craft seperti ini ternyata seru banget, alias nagih! Kayanya soon bakal sering ikutan workshop craft seperti ini, dan berkat keseruan screen printing kemarin, sepertinya dirumah bakal segera kubikin pojok screen printing! *yeay* Memang sih ada pojok craft yang kubuat sendiri dirumah tapi bener-bener sesek dan padat dan karena ketumpuk dengan perintilan pekerjaan lain, jadi entahlah apakah meja screen printing, rakel, dan alat alat lainnya bakal cukup atau nggak disana *wondering* Bener-bener soon harus punya craft room sendiri, jadi mesin jahit, benang-benang, tali, pita, acrylic bisa tersusun rapi semua. Bener-bener gerah liatnya *huaaa*

Ini beberapa foto yang kuambil dari keseruan kelas screen printing kemarin. Proses pengajarannya dimulai dari basic banget, mulai dari perkenalan alat dan jenis-jenis cat nya. Pengajarnya juga seru, dan asiknya lagi berhasil dapet temen-temen baru di kelas itu.

Patterns everywhere!

 Bremol, Viscol. Semua ini merupakan bahan yang diperlukan untuk screen printing.


  My very first attempt on screen.

 Proses pengeringan sebelum menurunkan cat


 Fun part; menurunkan cat!


Tadaaaaa!

Ternyata screen printing itu seru banget, meskipun memakan waktu yang sangat lama kurang lebih 4 jam karena memang banyak menunggu di setiap prosesnya. Di zaman modern ini mungkin banyak cara yang lebih praktis, seperti tinggal memncet tombol on dan menunggu proses print di mesin canggih yang paling tidak hanya memakan waktu 10 menit. Tapi justru saya lebih suka cara tradisional seperti ini, bener-bener menyenangkan. Kita dituntut untuk memiliki tingkat ketelitian dan kesabaran yang tinggi memang untuk proses seperti ini, alhamdulilah keseruan sambil berbincang-bincang dengan teman sesama pecinta craft berhasil membuat waktu yang digunakan untuk proses screen printing disana terasa cepat. Of course, bakal sering mengisi waktu weekend untuk ikut another crafting class. See you on the next post!

No comments:

Post a Comment