Tuesday, April 28, 2015

SENSORY BIN

Siang ini kita mulai lagi yuk bikin permainan bersama Inaaya dan Mama. Ide mainan ini terinspirasi waktu mama lagi sibuk browsing tentang toddler play ideas di Pinterest. Pinterest itu memang sumber inspirasi banget buat saya karena segala macam hal yang saya cari ada disana *sembah*,

Setelah membaca mengenai manfaat dan keseruan permainan ini, akhirnya saya cukup yakin untuk bikin sensory bin ini dirumah dan saya memutuskan untuk segera membeli water beads. Water beads ini sebenarnya adalah media tanam non-tanah buat tanaman hias di dalam rumah. Dia sejenis polimer yang mampu menyerap air, non-toxic tapi ga bisa dimakan. Kemarin akhirnya iseng cari-cari toko sensory play di Instagram dan aku langsung beli sekitar 500 gram water beads ini. Pemakaiannya sih tidak terlalu banyak, di bowl ini aku cuma pakai 100 g waterbeads yang direndam didalam air selama 30 menit. Jadi waktu datang water beads ini ukurannya kecil-kecil banget jadi perlu direndam air supaya membesar. Ternyata bola-bola ini benar-benar lucu waktu sudah mengembang. Warna-warnanya juga menggemaskan bikin Inaaya semangat waktu melihat si bola-bola ini. Dari awal aku ajak Inaaya untuk involved dari mulai menuang water beads ke mangkuk, mengisi air kedalamnya, hingga menunggu sampai waterbeads ini membesar. Nah, setelah itu untuk membuat Inaaya semangat dengan permainan ini sih simple aja, aku cuma masukin beberapa jenis wild animal untuk dia cari dan sebut nama-namanya. Selain wild animal, mommies juga bisa masukin beberapa benda lain untuk dia ambil didalam tumpukan waterbeads ini. Pokoknya para mommies bisa berkreasi dengan apapun didalam bowl ini supaya si Kecil bisa merasakan berbagai jenis tekstur didalamnya. Selain itu aku juga menyiapkan beberapa jenis sendok dalam beberapa ukuran, untuk mengajak Inaaya menyendokkan si waterbeads ini.

Oh iya, berhubung ini namanya juga sensory play, ya memang harus sedikit sabar untuk menghadapi keadaan berantakan hehe tapi justru messy play seperti ini bagus sekali untuk toddler. Permainan ini bagus untuk membangun hubungan saraf yang melatih kreativitas si kecil, menstimulasi indera-indera untuk belajar, sekaligus sangat baik untuk motorik halus dan pemecahan sosial. Nah, kalau bingung siang ini mau beraktifitas apa dengan si Kecil jangan ragu buat bikin sensory bin ya! Buat yang sudah pernah buat sensory bin untuk anaknya, you are very welcome to leave a comment with your Instagram/Blog link down here so i can see your creativity. See you on the nest post! Enjoy :)





2 comments:

  1. Mom Naya, sy mau koreksi sedikit itu ada yg salah kaprah dlm manfaat sensory play ini. Yg benar adalah melatih motorik halus, bukan motorik kasar. Just FYI, motorik kasar adalah gerakan otot2 besar spt otot kaki ketika berlari atau otot tangan ketika bergelantungan. Sdgkn motorik halus melatih otot-otot kecil anak spt otot2 jarinya ketika main plastisin/waterbeads ini. Semoga ada pencerahan ya Mom, jadi bs memberikan info yg benar u/ mommies lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi aunty! Terimakasih banyak sudah diralat, sepertinya aku salah tulis maksudnya motorik halus jadi kasar. Sudah diralat ya, thanks for the info :)

      Delete