Saturday, June 20, 2015

For the Love of Reading

I love reading books since i was a little. Not just books, even magazines and newspapers and stories on the Internet. Actually, I like reading everything I can! Alasannya sederhana, saya bisa berimajinasi dengan setiap buku yang saya baca. Hal serupa juga ingin saya terapkan kepada Inaaya, agar dia mempu berimajinasi, mengembangkan vocabulary, dan menumbuhkan rasa cinta kepada buku. Cukup melalui membaca dengan orang dewasa, anak dapat belajar bahwa buku berisi banyak gambar-gambar yang menarik dan kata-kata duntuk membantu dia bereksplorasi di dunia nya sendiri. Sejauh ini, Inaaya sangat menyukai buku about animals, the alphabet, and rhymes. Awalnya Inaaya masih sulit dibacakan cerita sesaat sebelum tidur karena dia merupakan tipe anak yang aktif sehingga lebih memilih untuk berlarian dirumah dibandingkan harus duduk diam dan membuka buku. But i've been trying to introduce books consistenly these past few weeks and i think its working. Here are some fresh tips from me to get you and your toddler enjoy books as much as we do:
1) Buy a variety of books to your toddler.Mommies bisa membeli beberapa jenis buku cerita agar si Anak tartarik melihat tumpukan buku cerita di rumah. Jika si Anak diajak ke toko buku, si anak bisa juga diajak untuk memilih sendiri buku apa yang dia inginkan. Naaya loves to pick her own books, and usually the one with the most interesting bright colorful cover.

Glad to found this local books from Rabbit Hole

2) Make it fun.
Untuk anak-anak seusia Inaaya saya rasa mereka belum terlalu mengerti jika harus diceritakan dongeng yang begitu panjang dan dengan bahasa yang terlalu rumit. You can try labeling objects on a page, talking about the pictures, or taking turns telling the story. Selagi Ibu membaca, jangan pupa untuk berhenti sejenak agar si Kecil bisa focus kepada cerita yang and a baru saja diberikan. Oh iya, jangan lupa it is okay if your toddler only wants to talk about the pictures or keep skipping the pages of the book, selama mereka terlihat senang, just let 'em.

3) Make it as a routine.
Jadikan membaca menjadi rutinitas sehari-hari dengan si Kecil. Pada saat pagi hari, atau mungkin sehabis makan malam, atau sebelum tidur. Hal ini sangat baik untuk mengembangkan vocabulary mereka serta mempererat hubungan antara orangtua dan anak.


4) Tell stories about herself or your family members.
Awalnya, Inaaya paling senang jika diceritakan sesuatu mengenai keluarga terdekatnya, dari mulai dirinya, Mama, Papa, sampai Oma. Hal ini akan membuat si Kecil bersemangat dan cerita tersebut akan menjadi salah satu cerita favoritnya. Setelah berhasil dengan cerita tentang keluarga, saya berlanjut ke buku baru namun karakter di buku tersebut saya ganti nama tokohnya dengan nama-nama keluarga terdekat Inaaya.

Semoga saran diatas bisa sangat membantu para ibu lainnya untuk mengenalkan pentingnya membaca buku dengan anak sejak usia dini. While develop a love of reading, you also can create a very fun quality time with your kids. Enjoy!

After reading, telling story to Minions..... "Pada cuatu hali..."

No comments:

Post a Comment