Monday, September 28, 2015

Learn Math with Math Monkey

I love playing numbers with Naaya by playing games, sing a song, or maybe count and sort. Awalnya bukan untuk mengajarkan Matematika lho, saya hanya berniat untuk mengenalkan angka-angka kepada Inaaya. Suddenly, i realize that i use basic math language all the time, without realizing it. For example:


  1. Pada saat saya memasak, Inaaya sering ikut membantu di dapur dengan beberapa instruksi kecil dari saya seperti, "Inaaya, tolong tuang airnya sedikit ya nak." atau "Inaaya, tolong mama ambilkan tissue yang banyak ya". Less and More, that's Math.
  2. Dalam hal menjelaskan urutan kegiatan Inaaya sehari-hari saya sering bilang, "Sebelum tidur kita gosok gigi ya!", "Setelah sarapan baru kita main ke taman ya!". Before and After, that's Math.
  3. Saat bermain, Inaaya sangat senang jika dia bisa bernyanyi bersama saya. We sing a lot of song and some of them including the counting process! Lagu favorite Inaaya (selain Frozen song) termasuk diantaranya One Two Buckle My Shoes, 5 Little Monkey, Five Little Ducks. Yes, they're all Math.

See? We can make the math that occurs in daily life visible to children through math talk. Nah, ceritanya beberapa waktu lulu (sudah cukup lama) saya diperkenalkan oleh satu tempat pengajaran matematika yang berbasis di daerah Pluit namanya adalah Math Monkey. Jangan kaget dulu mendengarnya, mungkin terkesan seperti tempat kursus, les, atau sekolah yang mungkin untuk seumur Naaya sepertinya terlalu dini. Math Monkey ini merupakan salah satu brand edukasi dari USA yang bertujuan untuk mengajarkan Matematika menggunakan metode Vedic Math dan dikombinasikan dengan game-based curriculum. Apa saja keunikannya sih?


The Curriculum
  • Vedic Math

Kurikulum Math Monkey didesigned untuk anak berumur 3-12 tahun menggunakan metode Vedic, salah satu sistem matematika yang bersumber dari alam semesta yang ditemukan/dikembangkan di India. Metode ini membantu anak untuk mengerti bahwa ada banyak cara untuk menyelesaikan problem Matematika, bahkan dari perhitungan yang kompleks sekalipun dapat diselesaikan dengan cara yang sangat mudah.
  • Game-Based Curiculum
Children cannot live without playing. And through playing they will discover the joy of learning. Disini bagian yang paling menyenangkan buat aku, Inaaya diajak bermain dimana tanpa ia sadari dia sedang belajar juga. Seperti gambar dibawah ini contohnya, Inaaya dan teman-teman sedang bermain mengoper bola ke teman di sebelahnya, setiap bola dioper mereka harus saling meneriakkan angka dari 1, sampai semua anak mendapatkan giliran mengambil bola.

Selain itu juga, contoh permainan sederhana yang digunakan dari mulai bernyanyi dengan lirik-lirik angka, menempelkan sticker animal ke papan tulis sambil berhitung, melempar bola sambil berhitung, hingga menggambar mengikuti dot-dot yang membentuk angka, semua tanpa disadari adalah permainan yang melibatkan Matematika. 


The Classes

Math Monkey ini memiliki banyak kategori untuk anak-anak yang dibedakan berdasarkan umur si Kecil:

Baby Monkey (3-4 years old) ...

Ini group paling muda yang ada di Math Monkey dan ini adalah group yang sedang diikuti oleh Inaaya saat ini. Usia Inaaya memang belum genap 3 tahun namun karena Inaaya sudah dapat mengikuti kegiatan di group ini dengan sangat baik maka Inaaya diperbolehkan untuk masuk kedalam group ini. Misi di group ini adalah untuk memberikan si Kecil a head start in number dan serta sebagai sarana yang tepat untuk menumbuhkan first impression anak mengenai MATH = FUN.

Green Monkey Troop (4-5 years old) 

Lemur Troop (6-7 years old) 

Chimpanzee Troop (7-8 years old) 

Gibbons Troop (8-9 years old)

Orangutan Troop (9-10 years old)

Baboon Troop (10-11 years old)

Gorilla Troop (11-12 years old)


Why so serious?


Happily playing with her friends :)

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kelasnya, para mommies disini bisa menghubungi kantor pusat/cabang dari Math Monkey untuk mengetahui dimana si anak nantinya akan ditempatkan, penjelasan lengkap mengenai kurikulum, jam masuk anak, sampai biaya yang dikeluarkan disini. Saat ini Math Monkey telah membuka 4 cabangnya di Jakarta yaitu, Math Monkey Pluit, Math Monkey Kelapa Gading, Math Monkey Cibubur dan Math Monkey Permata Buana. Jadi buat yang penasaran jangan ragu untuk mengecek website mereka terlebih dahulu di www.mathmonkey.co.id, atau bisa langsung datang ke tempat mereka. Mereka juga open untuk free trial loh jadi kalau penasaran bisa langsung daftar dan lihat apakah si Kecil terlihat enjoy selama disana. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat para mommies sekalian, Thank you!

Math Monkey
Jl. Pluit Samudra No. 9
Jakarta Utara 14450
Tel: 6221-66691204
Email: info@mathmonkey.co.id
Website: www.mathmonkey.co.id
Instagram: Math Monkey




2 comments:

  1. mengenal dan belajar matematika dengan bermain, membuat anak menjadi senang dan akhirnya anak akan menyukai matematika hingga dewasa kelak. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, karena memang anak pada dasarnya sangat senang dalam hal bermain. Salam kenal juga ya! :)

      Delete