Thursday, September 17, 2015

Play Ideas - Rescue the Animals

Salah satu hal yang paling menyenangkan dari menjadi stay-at-home-mother bagi saya adalah saya punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama anak. Segala sesuatunya saya lakukan selalu bersama anak, dan saya tidak pernah merasa bosan. Jenuh sih pasti ada, beberapa kali disaat saya merasa penat dengan urusan rumah tangga, biasa suami atau ibu saya mau bergantian menjaga Inaaya supaya saya paling tidak bisa pergi bersama teman-teman atau sekedar duduk cantik merelaksasikan diri di salon/spa.

Bermain bersama anak merupakan satu pengalaman yang sangat menyenangkan dan jauh dari rasa bosan pastinya kalau kita terus berinovasi dan pintar-pintar dalam menyiapkan aktifitas. Saya sendiri itu senang sekali kalau sudah bikin aktifitas untuk Inaaya, apapun yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya pasti saya lakukan. Ya meskipun akhir-akhir ini saya akui saya mulai jarang membuat aktifitas untuk Inaaya karena kesibukan dari persiapan store opening Arcilland, namun ide di kepala sudah banyak dan perlu segera dilaksanakan demi kebahagiaan anak.

Nah seperti kemarin ini, begitu ada waktu luang saya langsung bersegera untuk membuat salah satu permainan yang saya lihat di Pinterest. Penasaran juga karena salah seorang teman pernah membuat hal serupa dan katanya sangat bagus untuk melatih kesabaran si Kecil. Berhubung pas dengan sikon dimana Inaaya lagi mulai tidak sabar, apa-apa maunya serba cepat dan sibuk teriak sana-sini, langsung tanpa pikir panjang saya buat ini Ice Block. Ide nya sih simple, Inaaya harus menyelamatkan semua mainan-mainan dia yang terperangkap didalam es dengan menggunakan peralatan yang sudah disiapkan mama. Kuncinya hanya harus sabar!


Cara membuat Ice Block ini bisa dibilang cukup gampang. Kita hanya perlu kotak makan berukuran agak tinggi/box dan kita bekukan lapis demi lapis.

Directions:
1) Tuang mainan-mainan berukuran kecil kedalam sedikit air, lalu masukkan kedalam freezer.
2) Ketika lapisan pertama air tadi beku, masukkan kembali mainan kecil dan tambahkan air lagi. Bekukan.
3) Ketika lapisan kedua sudah beku, tambah lagi mainan kecil dan air, lalu bekukab.
4) Ulangi proses tersebut sampai ketinggian es yang diinginkan.

Note: Tinggi/besar/kecilnya es dapat disesuaikan sesuai umur anak. Untuk anak yang umurnya masih dibawah 3 tahun saya sarankan tidak usah terlalu besar karena mereka biasanya cepat bosan. Untuk anak diatas usia 3 tahun keatas, saya menyarankan untuk membuat Ice Block yang cukup besar.


Tools:
  • Alas (Jika bermain diatas lantai, agar terhindar dari tumpahan air)
  • Semprotan
  • Air Garam (Garam membantu mempercepat proses perubahan es menjadi air)
  • Garpu/Sendok/Sumpit (alat apapun yang tersedia untuk mengorek es)



How to Play
1) Siapkan Ice Block dan Tools
2) Isi semprotan dengan air garam dan mulai semprotkan ke es batu.
3) Semakin banyak air disemprotkan, es akan semakin mencair. Gunakan alat bantu untuk menghancurkan es batu sehingga mainan bisa dikeluarkan.
Simple, isn't it?


Binatang-binatang diatas berhasil dikeluarkan sendiri oleh Naaya. Senang juga melihat dia kesal sendiri karena es nya tidak mencair dan dia mencoba untuk sabar dan terus menyemprotkan air garam ke es batu tersebut. Dari sekian banyak mainan didalam es batu, dia berhasil menyelamatkan 3 binatang dan menyudahi permainan dan langsung tidur :D  That's why saya sarankan untuk anak dibawah 3 tahun lebih baik es nya kecil saja, kebayang kan sudah buat besar-besar anaknya langsung udahan. Permainan ini cukup membantu Inaaya fokus selama kurang lebih 20 menit. That's a lot of  time for an active toddler!

Imagine your toddler stay in their place for 20 mins without disturbing you..... Well, i think every moms should try this one. Enjoy!

No comments:

Post a Comment