Wednesday, January 20, 2016

Explorion Adventure

Pabrik Produsen Minuman Isotonik, Pocari Sweat

Hello Wednesday!

Berhubung hari ini saya masih dalam tahap istirahat dan belum melakukan aktifitas apa-apa, saya mau share banyak mengenai pengalaman saya kemarin di Sukabumi. Baru saja kemarin saya diberikan kesempatan untuk berkunjung ke pabrik produsen minuman isotonik Pocari Sweat, PT Amerta Indah Otsuka. Buat yang mengikuti Instagram dan Snapchat saya mungkin sudah melihat sekilas seluruh kegiatan saya disana selama 2 hari. Namun untuk lebih detailnya lagi semua akan saya jabarkan disini. Kunjungan saya ke Sukabumi merupakan salah satu bentuk kunjungan untuk menghadiri launching program baru dari PT Amerta Indah Otsuka.


PT Amerta Indah Otsuka, produsen dari minuman isotonik Pocari Sweat dan Soyjoy ini baru saja meluncurkan program kunjungan pabrik terbarunya dengan konsep edutainment yang inovatif, yaitu Explorion Adventure. Explorion Adventure merupakan yang kunjungan pabrik pertama pertama kali mengoptimalkan penggunaan peranti digital dan teknologi 3D. Nah, aku mau cerita sedikit mengenai pengalaman merasakan ExplorIon ini untuk yang pertama kalinya bersama para gubernur dan petinggi daerah Sukabumi, beberapa SD terpilih disekitar lokasi pabrik, serta teman-teman Media dan Blogger. Explorion ini terbagi dalam 3 bentuk petualangan, yang nantinya akan mengajak para pengunjung untuk berinteraksi langsung.


Center: CEO of AID-DCC, Yukhiro Tominaga, President Director of PT Amerta Indah Otsuka, Yoshihiro Bando. Speaking; Corporate Affairs Director PT Amerta Indah Otsuka, Pratiwi Juniarsih

Pertama, para pengunjung akan dibekali dengan perangkat digital cerdas (tab) dimana mereka nantinya bisa mengisi data dan bisa bermain kuis tentang Ion pada tubuh terlebih dahulu. Data yang harus diisi berupa Nama Panggilan, Tanggal Lahir Nah, setelah mengisi data dan bermain kuis di Tab ini, kita akan diajak untuk berkeliling di Pabrik Pocari Sweat dimana pengunjung diperbolehkan untuk melihat seluruh area produksi yang tidak terlihat. Nantinya semua bentuk penjelasan mengenai proses-proses pembuatan minuman Pocari Sweat ini akan dijelaskan melalui video yang keluar dari si tab yang dipegang oleh masing-masing pengunjung. Pada sesi ini, pengunjung tidak diperbolehkan sama sekali untuk mengambil video maupun gambar.


Setiap pengunjung diberikan perangkat digital cerdas (tab)

Proses pembuatan minuman isotonik yang hanya bisa dilihat melalui jendela. Tidak diperkenankan untuk mengambil gambar ataupun video disini sehingga hanya gambar lokasinya saja yang bisa saya berikan.

Kedua, pengunjung akan diajak untuk membuat Original Name Badge, semacam tanda pengenal yang berbentuk pin sebagai paspor untuk memasuki ExplorIon Theater di tahap ketiga nanti. Disini mereka dapat melihat proses pembuatannya si pin tadi dan setelah itu muka pengunjung akan di scan disetiap pin mereka untuk dijadikan avatar nantinya di tahap ketiga.



Ketiga, pengunjung akan diajak ke sebuah ruangan yang dinamakan ExplorIon Theater. Awalnya akan ada perangkat televisi yang menjelaskan mengenai peraturan yang harus dipatuhi didalam theater dan apa saja yang harus dilakukan. Pengunjung diwajibkan untuk melepas alas kaki dan membawa masuk badgenya pada saat memasuki theater. Nantinya akan ada semacam tampilan proyektor besar yang memunculkan tokoh-tokoh kartun yang wajahnya berubah menjadi wajah pengunjung. Wajah tersebut merupakan hasil dari scanning yang dilakukan di tahap kedua tadi. It's really fun and creative for me, dan seperti yang aku duga semua anak-anak tertawa dan merasa lucu melihat diri mereka serta gurunya dalam bentuk kartun. Disini mereka akan berlari dan bermain mengikuti petualangan dengan durasi sekitar 20 menit, dan dalam petualangan tersebut akan dijelaskan pula nantinya mengenai manfaat ion bagi tubuh. Benar-benar suatu pengalaman bermain sambil belajar yang sangat unik.




Petualangan 3D di Explorion Theater. Super fun!


Untuk tempat interaktif dan edukatif sebagus ini menurut saya worth it sekali dikunjungi apalagi memang PT Amerta Indah Otsuka ini tidak memungut biaya apapun karena memang ditujukan untuk masyarakat. See? It's free! Jadi mungkin kalau ada ide untuk mengajak si Kecil bepergian, Moms bisa coba ajak main ke Pabrik Pocari Sweat. Oh iya, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan sebelum berkunjung:
  1. Pengunjung minimum kelas 3SD 
  2. Pengunjung sehat, tidak terkena penyakit dan suhu tubuh tidak melebihi 37,5 celcius pada saat berkunjung. 
  3. Proses produksi sewaktu-waktu dapat berhenti maka proses produksi tidak dapat diperlihatkan scara langsung namun hanya diperlihatkan melalui video. 
  4. Waktu berkunjung yaitu Senin s/d Jumat, pukul 09.00-12.00 (Pagi) dan 123.00-15.00 (Siang). Untuk hari Senin hanya ada kunjungan siang, dan pada hari Sabtu/Minggu/Libur tidak ada kunjungan. 
  5. Waktu berkunjung tidak lebih dari 90 menit. 
  6. Kapasitas pengunjung minimal 20 orang dan maksimal 100 orang. 
  7. Pengunjung berpakaian rapi, sopan, dan tidak menggunakan sandal. 
Untuk mengikuti kunjungan pabrik ini, kalian bisa mengisi formulir permintaan kunjungan yang dapat diperoleh dengan mengakses website www.aio.co.id/index.php/id/visit. So what do you think about this fun program? Let me know if you planning a visit with your kids group! See you on the next post!

No comments:

Post a Comment