Sunday, January 17, 2016

Colorful Salt

Yeay, hari ini banyak waktu luang untuk nulis-nulis di blog! Hari ini kebetulan aku mengosongkan waktu seharian bersama Inaaya karena besok rencananya saya akan pergi ke Sukabumi untuk menghadiri acara gathering sampai hari Selasa. Nah, pagi tadi aku mengajak Inaaya untuk mengikuti workshop Ibu dan Anak di Mom and Kids Lab by Arcilland, yap that's Arcilland showroom in Kemang. Hari ini workshopnya dipandu oleh Mainan Buatan Bunda dengan tema Garam Warna Warni. Kebetulan ada kelebihan satu pack peralatan main dan aku bisa membawa pulang, jadi begitu selesai workshop kita langsung pulang dan lanjut main lagi!

Permainannya ini sendiri intinya melukis dengan garam. Nah permainan ini sederhana sekali namun ternyata benar-benar memberikan pengalaman berbeda dan unik untuk Inaaya. She's happy, and look curious! Kira-kira cara permainannya seperti ini:

Play Ideas I:
1) Siapkan garam meja di dalam beberapa plastik kecil dengan perekat/ziplock.
2) Tuang pewarna makanan kedalam plastik, secukupnya. Siapkan banyak warna makanan dan plastik supaya si Kecil bisa membuat garam dengan banyak warna.
3) Tutup rapat plastik dan tekan-tekan garam dan pewarna seperti gerakan memijit agar warnanya tercampur dengan rata.
4) Tuang garam kedalam wadah sekali pakai dan isi dengan sedikit air
5) Siapkan kuas, kertas, dan biarkan anak mulai melukis dengan berbagai pilihan warna garam.

Karena intinya adalah melukis, yang membuat uniknya adalah bentuk catnya seperti timbul dan ada bintik-bintik kecil dari si garam tersebut. Selain melukis, si Kecil juga bisa melukis dengan tangannya tanpa bantuan alat sehingga dia bisa bereksplorasi dengan meremas si garam tersebut.

Play Ideas II:
1) Siapkan wadah plastik yang berisi garam warna-warni.
2) Siapkan lem kertas
3) Ambil kertas dan kuas lalu mulai bentuk gambar illustrasi pilihan si Kecil dengan menggunakan lem, misalkan bentuk bunga, matahari atau gunung.
4) Taburkan garam warna-warni diatas lem yang telah berbentuk gambar pilihan si Kecil.

Di Play Ideas II ini, gambar yang dibuat akan berbentuk timbul karena medianya diganti dengan lem, bukan air. Disini kita bisa kembali mengajarkan si Kecil mengenai gambar yang timbul dan tidak timbul. Seru kan? Ternyata dari bahan-bahan di dapur kita bisa menjadikannya sebagai media bermain untuk anak. Thanks for the ideas, Mainan Buatan Bunda!

Gerakan memijit diplastik agar pewarna makanannya tercampur rata dengan garam


Garam diletakkan di wadah plastik

Let's start painting!







No comments:

Post a Comment