Monday, March 7, 2016

Sehat Berdua




Hi everyone!

How's your weekend?


Weekend kali ini alhamdulilah saya dan suami menghabiskan banyak sekali waktu berduaan. Kebetulan Inaaya sedang dititipkan ke neneknya yang baru pulang dari Mekkah dan dia lagi kangen berat sama neneknya. Jadilah saya jadi bisa meluangkan banyak waktu untuk pacaran lagi setelah sekian lama selalu bawa si Kecil kemana-mana dan bisa menulis beberapa cerita juga di blog. Kali ini saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman saya berolahraga dengan suami.


Kapan sih kalian terakhir kali berolahraga berdua dengan pasangan? Saya sendiri kalau tidak salah beberapa bulan lalu di salah satu pusat kebugaran di dekat rumah, dimana saya dan suami merupakan member disana sejak akhir tahun 2015. Sudah cukup lama sih, sayang sekarang kita jarang olahraga karena sama-sama disibukkan dengna pekerjaan dan urusan rumah tangga. Nah, minggu lalu saya akhirnya mengajak suami saya untuk olahraga bersama, hanya saja tidak di tempat gym kita biasanya. Saya mengajak suami saya untuk mencoba salah satu pusat kebugaran yang bernama 20Fit.

Buat yang belum tahu mengenai apa itu Studio 20Fit, Studio 20Fit sendiri merupakan pusat kebugaran yang berbeda dengan pusat kebugaran lain karena mereka menggunakan alat EMS "Electro-Muscular Stimulation"dari Mihabodytec. EMS sendiri merupakan latihan yang mencakupi seluruh tubuh menggunakan impulse arus. Jadi dalam kehidupan sehari-hari, sistem pusat syaraf kita mengirim impuls untuk mengontrol pergerakan otot. Olahraga dengan metode ini hanya menghabiskan waktu 20 menit yang setara dengan olahraga 2 jam di gym konvensional. Bayangin aja, irit waktunya banyak banget. Saya sendiri pertama kali diperkenalkan dengan 20 Fit itu sekitar tahun 2014, which is 2 tahun yang lalu saat Studio 20 Fit pertama di Jakarta dibuka tepatnya di Cipete. Kala itu saya termasuk salah satu dari beberapa orang yang berkesempatan untuk mencoba teknologi ini untuk yang pertama kalinya. Nah, kali ini saya berkeinginan untuk mencoba teknologi ini bersama suami saya yang notabene belum tahu apa-apa soal si 20Fit ini.

Back to the story, hari itu saya membuat janji untuk sesi bersama suami pada pkl 03.10 WIB, namun karena kemacetan yang tidak terduga akhirnya sesi kami diundur ke pkl 04.30. Begitu saya sampai  saya diminta untuk mengisi data diri serta riwayat penyakit yang pernah diderita, lalu setelah itu kita akan diberikan bodysuit berwarna hitam untuk dikenakan selama sesi olahraga di 20fit ini. Begitu saya dan suami sudah memakai bodysuit ini kita langsung diarahkan ke lantai 2 Studio 20Fit Bintaro, disini trainer dari 20Fit akan langsung mengukur berbagai data tubuh kita seperti; berat badan, kadar lemak massa tubuh, perbandingan lemak dan otot, asupan kalori, dan masih banyak lagi. Data-data ini nantinya dapat membantu trainer untuk memaksimalkan latihan yang sesuai dengan kondisi fisik kita.

Nice place

The Vest

Alat untuk mengukur data tubuh

Karena keterlambatan sesi ini, saya dan suami harus bergantian untuk menggunakan alat EMS Mihabodytec ini dikarenakan mereka hanya mempunyai 2 alat dan salah satunya sudah diisi dengan appointment orang lain. Saya memilih untuk mencoba terlebih dahulu dan saat itu trainer saya langsung menyiapkan sebuah vest untuk saya pakai. Nah vest ini terdiri dari kabel-kabel yang terhubung langsung ke mesin EMS Miha Bodytech. Dari kabel-kabel inilah si impulse tadi didistribusikan secara merata ke seluruh badan, tidak hanya terfokus di satu titik saja.

Masih cengiran happy, belum tersiksa.

Setelah vest dan beberapa bagian lainnya dipasang, trainer dari 20Fit menjelaskan terlebih dahulu mengenai sesi yang akan kita jalani nantinya. Dari mulai penjelasan mengenai si impulse itu sendiri, alat yang digunakan, intensitas yang akan diberikan, sampai ke beberapa contoh jenis gerakan yang akan dilakukan pada sesi kali ini. Setelah penjelasan yang singkat dan jelas, saya langsung mengikuti instruksi dari trainer dengan melakukan gerakan-gerakan yang menurut saya sangat sederhana yang sering saya lakukan di gym seperti squat, plank, jumping jack. Tapi, berkat intensitas lebih yang diberikan ke otot kita, gerakan-gerakan yang seharusnya mudah tadi entah kenapa benar-benar terasa berat dan menguras stamina saya habis-habisan. Bahkan assistant saya yang ikut menemani saya disana sampai bertanya, "Mbak secapek itu kah? Kayanya gerakannya simple banget......". Omg, saya sampai tidak bisa jawab! Muka merah dan keringat mengucur sampai ke alas olahraga saya udah cukup jadi bukti kalau stamina saya terkuras habis di sesi ini. Benar-benar tidak ada istirahat, alat EMS ini berjalan terus dan mengharuskan kita untuk selalu bergerak. Di sesi saya ini kebetulan saya sanggup untuk terus menambah intensitas olahraga nya secara maksimal di bagian perut dan lengan terutama, jadi di saya aliran impulse nya benar-benar sangat terasa. Pada akhir sesi kita akan diberikan 5 menit untuk relaksasi dengan posisi yang ternyaman untuk kalian, bisa tidur, berdiri ataupun duduk. Disini kita diberikan pilihan Cellulite Burner atau Muscle Relaxation. Saya sih sudah pasti pilih si Celullite Burnet, rasanya seperti ditusuk-tusuk, dan badan goyang-goyang.

Next session, langsung lanjut ke suami saya yang baru pertama kali mencoba teknologi ini. Gantian dia yang dipakaikan si vest yang terhubung dengan EMS Mihabodytec tadi. Vest tersebut dibersihkan terlebih dahulu dan disemprotkan cairan di bagian-bagian tertentu dan langsung dipakaikan ke suami saya.



Trainer 20Fit kembali mencontohkan beberapa gerakan yang akan dilakukan di sesi ini, gerakannya berbeda dengan saya karena saya fokus di weight loss dan suami saya di weight gain. Kurang lebih 10 menit sesi suami saya berlangsung, jujur..... ini pertama kali nya saya lihat suami saya kewalahan dan nafasnya berantakan sampai geleng-geleng kepala. Suami saya merupakan salah satu pecinta olahraga, dia rajin sekali fitness kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu. Yang jelas saya merasa lucu karena ditengah latihan dia sudah kewalahan. Well babe this is really hard, i've already warned you :D


No more happy smile. Ready, go!

Pertama kali melihat suami olahraga sampai tepar.... LOL

Sesi kita berdua kali ini memakan waktu kurang lebih 1,5 jam (karena bergantian plus saya mandinya super lama). Mungkin kalau tadi latihannya bersamaan akan lebih cepat, dan next session menurut saya juga pasti lebih cepat karena tidak perlu ada pengukuran dan pengisian form. Penjelasan mengenai data tubuh tadi juga baru kita dapatkan di akhir sesi karena memang saya dan suami datangnya sudah telat. Dari hasil datanya untuk saya sendiri sudah pasti perlu menurunkan banyak fat, serta perlu memasukkan kalori sebanyak 1300 perharinya, untuk suami perlu untuk menambahkan berat badan dan massa otot. So far, sesi 20Fit kali ini jauh lebih seru dari sebelumnya, mungkin karena ada suami (plus anak) yang menemani selama latihan, jadi lebih semangat dan cabang yang saya kunjungi dekat sekali ternyara dari rumah. Dulu concern saya untuk yang di daerah Cipete salah satunya adalah faktor jarak, untuk perjalanan 1 jam olahraga 20 menit, keburu tua saya dijalan. Well, ternyata terkabulkan juga 20Fit didaerah rumah saya! :D

Apa kelebihannya menurut saya?
  1. Di 20 Fit kita nga harus membawa berbagai peralatan mandi atau baju ganti karena semua sudah disediakan disini. Dari mulai pakaian olahraga, handuk, sabun mandi, pencuci muka, kapas, obat kumur, sampai hair dryer sudah lengkap. Tempatnya juga super bersih, every single clean-freaks like me would totally love this place.
  2. Di 20 Fit kita tidak rugi waktu, selain itu lebih efisien dan lebih efektif. Bayangin aja, irit waktunya banyak banget. Kalau buat ibu-ibu seperti saya yang mengurus anak sendiri ini sih pasti menggiurkan, anak tidak mungkin rewel kalau harus nungguin ibunya olahraga cuma 20 menit :p
Apa kekurangannya menurut saya?
To be honest, satu saja kekurangan yang pasti akan membuat orang berfikir 2x untuk ikut latihan ini; Harga. Ya, program ini dimata saya memang bukan ditujukan untuk semua orang. Kalau memang kalian punya aktifitas yang padat dan ingin tetap hidup sehat plus rela merogoh kantong lebih demi kesehatan tubuh, i think this is the right answer. Here, let me break down the price for you.
  • First Trial: 250.000
  • Per Visit: 525.000
  • 12 session: 5.700.000
  • 24 session: 10.800.000
  • 48 session: 20.400.000
  • 72 session: 28.800.000
Kalau kalian hitung-hitung untuk harga per visit nya itu rata-rata 400.000-500.000, setara dengan harga kalian jika memakai jasa personal trainer di gym konvensional. Toh disini juga sudah plus trainer kan. Nah, karena awalnya saya memang sempat mikir terlalu pricey namun yang bikin saya tertarik ternyata mereka sedang ada paket #SehatBerdua, dengan harga berikut:
  • 12 session, 6 session (per person) : Rp 2.280.000 (price per person)
  • 24 session, 12 session (per person) : Rp 4.320.000 (price per person)
Jadi sesi ini semacam paket berdua pasangan kamu, sepertinya seru kalau saya sharing dengan suami dan lebih murah juga jatuhnya. Biasa saya jadi lebih semangat kalau ada partner olahraga, kalau sendirian suka mager.... ya dasarnya manja aja mau ditemenin suami :p

Oh iya, kalau kamu perlu informasi lebih lanjut mengenai 20Fit kalian bisa cek langsung website mereka  di www.20fit.co.id. Mereka juga sedang ada kompetisi foto untuk kamu dan pasangan, kalian bisa cek di www.clozette.co.id ya! Semoga tulisan kali ini bisa memberikan inspirasi untuk alternatif hidup sehat bersama pasangan kamu. Have a nice day!

No comments:

Post a Comment