Thursday, March 10, 2016

Spice it up!


It's play-time again!
Alhamdulilah, bertepatan dengan hari raya nyepi dan GMT kemarin, akhirnya mendadak dapat ide bermain lagi dan lucunya ide ini datang dari papa. Kebetulan suami saya sedang asik belajar masak dengan salah satu sahabat karib saya yang merupakan salah seorang chef di Jakarta/Bandung. Berhubung papa sedang belajar beberapa menu yang kaya akan bumbu, jadilah ada beberapa jenis bumbu-bumbu baru di dapur, akhirnya saya pun dapat ide untuk meminjam bumbu-bumbu tersebut untuk diajarkan kepada Inaaya. Ide permainan ini simple sekali tapi ternyata begitu seru ketika diperkenalkan ke si Kecil.



Apa saja yang dibutuhkan?
  • Variety of seasonings and spices, seperti Kayu Manis, Kapulaga, Cengkeh, Ketumbar, Jahe, Biji Pala. dub (you may want to choose spices that reflect your cultures.)
  • Label and Marker
  • Small airtight plastic box
Play Ideas:




Place each spice into small airtight plastic box
.
Jelaskan kepada si kecil kalau disetiap box sudah di isi dengan beberapa jenis bumbu yang berbeda. Jangan lupa untuk diberi label dan ditulis nama dari masing-masing bumbu. Untuk permulaan moms bisa juga membuat semacam flash card dari berbagai bumbu tadi agar lebih mudah dijelaskan ke si anak. Mainkan permainan ini secara rutin sampai si anak mengetahui nama bumbu-bumbu tadi.


Smell the Spice!
Setelah anak mulai mengetahui perbedaan di setiap bumbu, next session orangtua bisa mengambil setiap jenis bumbu dan letakkan di bawah hidung si Kecil. Ajak si Kecil untuk menghirup berbagai jenis aroma yang dikeluarkan dari setiap bumbu tersebut. 

Guess the Spice.
Ide lain yang bisa kita lakukan jika anak sudah mulai mengenal nama dan aroma dari bumbu tersebut adalah dengan bermain menggunakan penutup mata. Disini orangtua bisa mulai mengambil berbagai jenis bumbu untuk diidentifikasi baunya oleh si kecil. Biarkan si Kecil menebak jenis bumbu tersebut dengan merasakan aromanya.

Blend the Spice.
Ini salah satu part yang paling saya sukai bersama Inaaya. Setelah si Kecil cukup familiar dengna semua bumbu tadi dari mulai nama, bentuk, dan aroma, kita bisa mengajak mereka untuk menghancurkan bumbu tersebut. Beberapa bumbu seperti Kapulaga, Ketumbar, dll biasanya menghasilkan wangi setelah dihancurkan. Saya sendiri lebih prefer untuk mengajak si Kecil menumbuk bumbu-bumbu tersebut daripada di blender dengan harapan sekaligus melatih otot tangan si Kecil. But it's up to you, do things that make you and your kids feel comfortable.



Seru dan mudah kan? Setiap ibu pastinya punya banyak bumbu dapur di rumah, jadi tidak perlu repot untuk membeli mainan jika ingin menambah ide permainan dirumah. Banyak bahan-bahan dirumah yang bisa digunakan sebagai media belajar untuk si Kecil. Pssst, you will loved some of the expressions your kids made as they smelled the strong spices! :p

Semoga tulisan diatas bermanfaat! See you on the next post, have a nice day!

No comments:

Post a Comment