Sunday, July 17, 2016

Lebaran bersama si Kecil

Shalat Ied bersama Mama

Hari Raya Idul Fitri 1437 H tahun ini cukup sama dengan tahun sebelumnya bagi syaa, kami menjalani tradisi shalat ied lalu lanjut bersilaturahmi ke beberapa keluarga terdekat yang berdomisili di Jakarta. Suami saya sendiri tidak memiliki rutinitas mudik karena seluruh anggota keluarga nya sudah di Jakarta. Suatu nilai plus tersendiri menurut saya karena saya tidak diharuskan untuk ikutan kena macet berjam-jam untuks sampai ke kampung halaman.


Kebahagiaan tersendiri juga datang karena jalanan Jakarta menjadi jalur yang super sepi, perjalanan bener-bener kilat kemana aja. Saya rasa memang untuk mengurangi kemacetan kita sama sekali tidak butuh program pemerintah apapun melainkan lebaran :p Sayangnya pada hari H, jalanan di setiap sudut kota Jakarta bahkan pinggiran seperti Tangerang Selatan pun padatnya minta ampun.... Mau shalat ied aja kadang kita harus stuck, which is really annoying. Aku mau berbagi sedikit tips dari peralatan apa saja yang aku bawa mulai dari Shalat Ied, sampai Silaturahmi ke beberapa rumah keluarga yang hopefully dapat sedikit membantu mengurangi stress saat hari lebaran buat para ibu-ibu.

Shalat Ied
Perjalanan menuju masjid sudah dipastikan macet, dan parkiran penuh. Pastikan moms berangkat lebih pagi agar lebih mudah mendapatkan area parkir dan juga tempat shalat yang nyaman. Saya selalu membawa tas cukup besar saat shalat ied, beberapa barang yang sudah pasti dibawa adalah:
  • 2 Set Mukena, ibu dan anak.
  • Koran untuk alas shalat
  • Tissue Basah dan kering
  • Snack yang tidak gampang hancur
  • Botol Minum/Air Mineral
Dari tahun lalu barang-barang tersebut sudah pasti ada di tas saya. Saya sendiri pasti membawa tas yang cukup besar yang bisa memu√Ęt barang-barang tersebut karena tidak memungkinkan membawa tas kecil saat shalat ied bersama anak kecil.

Hari Raya Idul Fitri
Seperti yang saya ceritakan diatas tadi, menjelang Idul Fitri jalanan jakarta nya pasti nya mendadak jadi kosong dan benar-benar menjadi surga bagi warga Jakarta. Sayangnya, tepat di hari raya idul fitri jalanan di ibukota benar-benar menjadi tidak masuk akal. Bahkan jalan tol saja bisa benar-benar complete standstill, tahun ini lagi-lagi saya terjebak di arus lebaran sama seperti tahun lalu. Untungnya saya sudah jauh lebih prepare dari tahun sebelumnya. Beberapa barang yang ada di tas adalah:

  • Baju Ganti
  • Makanan Utama
  • Snack, i mean lots of snack.
  • Mainan yang tidak gampang bercecer
  • Perlengkapan anak (Tissue, Pakaian Dalam, etc)
  • Pospak (Popok Sekali Pakai)
Barang-barang untuk silaturahmi ke keluarga dekat rasanya kaya packing liburan untuk 1 hari hahaha. Karena memang mobile, dan aktifitas pasti banyak di mobil saat mampir kesana kemari memang lebih baik kita siapkan keselurahan perlengkapan si Kecil agar tidak ada yang terlupakan. Nah untuk nomor 6, kenapa popok?! Kan anaknya sudah tidak pakai pospak dari umur 2 tahun? Emang gapapa disuruh pipis di popok? Nah, pertanyaan ini sempat saya dengar dari keluarga juga followers IG Inaaya. Of course it's okay, penggunaan popok ini memang hanya untuk darurat saja. Tahun lalu anak saya terpaksa menahan pipis karena stuck di tol dan sudah mengompol sedikit. Saya sampai tidak tega menyuruh dia untuk menahan pipis, padahal dari rumha sudah pipis. Apa boleh buat, kalau si Kecil doyan minum air seperti anak saya ya bablas juga dijalan kalau tidak ada toilet. Tahun ini jadi antisipasi jadi saya sedia 1 buah pospak ditas. Apalagi yang bawa bayi, harus bawa dan kalau sudah risih anaknya better diganti saja di mobil popoknya untuk menghindari iritasi.

Popok yang dibawa pun diusahakan popok yang mampu menahan kering dengan lama karena kita tidak bisa memprediksikan kemacetan di ibukota. Saya membawa Fitti DayPants yang memiliki teknologi SMART GEL yang membuat permukaan kulit bayi/anak 2,5x lebih kering, jadi Naaya yang sudah besar pun tidak risih dan tetap nyaman selama didalam mobil jika harus pipis darurat.

Semoga tips dan info barang yang aku bawa selama hari lebaran ini bisa membantu moms untuk persiapan lebaran tahun depan ya! :D Mohon maaf kalau baru sempat diposting sekarang, masih galau pokoknya soal aplikasi Blogger yang hilang dari App Store, huhu. Oh iya, aku mau bagi-bagi info kalau ada SAMSUNG S7 GRATIS yang dapat moms menangkan hanya dengan upload foto si Kecil bersama keluarga beserta pack Fitti. Caranya gampang:


1) Beli produk Fitti di Alfamart
2) Foto si Kecil tidur bersama pack Fitti
3) Upload foto ke wall FB/Twiter/Instagram. Sertakan juga no struk pembelian dan sertakan hashtag #FitiFiturPuasHargaPas pada caption foto. Atau bisa juga kirim foto dan no struk ke Whatsapp Fitti 0812-319-1000
4) Like dan Follow Facebook Fitti (Fitti Indonesia), Twitter (@FittiID), dan Instagram (@FittiID)
5) Simpan struk pembelian produk Fitti untuk verifikasi hadiah.

Yuk jangan lupa ikutan dan segera upload foto si Kecil, siapa tau mom dapat memenangkan SAMSUNG S7 GRATIS :) Periode ini berlangsung dari 1 Juni-30 Juli 2016. Goodluck moms!

No comments:

Post a Comment