Sunday, December 18, 2016

My Little Pony Birthday

Good day! It's a perfect time to give a good start for another year in life. Tidak kerasa tahun lalu Inaaya baru minta ulang tahun ke 3 bertema mermaid dirumah, sekarang sudah kembali lagi berulang tahun yang ke 4. Rasa nya waktu jalan cepat sekali dari terakhir saya menggendong dan belajar menyusui dia di rumah sakit sewaktu dia lahir. Now she's growing up into a beautiful, smart, and funny kids who loves to make everyone smiling.

Di setiap ulangtahun nya, saya selalu menyempatkan diri untuk bertanya soal kue keinginan Inaaya. Saya sendiri hanya pernah merayakan ultah besar-besaran itu sewaktu dia berumur 1 tahun, sisanya hanya acara kumpul keluarga dimana kami saling mendoakan Inaaya agar terus tumbuh menjadi anak yang sehat, sholeha, cerdas, dan membanggakan orangtua. Tahun ini saya kembali hanya ingin merayakan dirumah dengan keluarga saja, meskipun biasa nya ada beberapa teman dekat yang hadir tapi kali ini saya benar-benar hanya ingin bersama keluarga saya saja. Sepertinya efek hamil juga sih, saya jadi malas untuk banyak menyiapkan segala sesuatunya untuk para tamu. Meskipun hanya dirumah, tapi pengalaman setiap tahun nya kalau ada tamu pasti tetap saja repot apalagi saya cukup perfeksionis.
Nah, kali ini aku mau share mengenai bagaimana saya menyiapkan pesta ulangtahun anak sederhana dirumah. Persiapan sederhana ini hanya diperlukan seminggu sebelum acara, jadi sama sekali tidak perlu disiapkan dari jauh-jauh hari, pretty simple. Pertama-tama sudah pasti saya discuss dengan Inaaya mengenai what kind of party she wants, yaitu My Little Pony. Dari situ kita sudah bisa langsung dapat gambaran apa saja yang perlu disiapkan dan dimana mencari nya.

1) Cake
Ini hal pertama yang perlu langsung disiapkan menurut saya jika memang ingin design khusus (custom cake) karena biasanya toko kue custom seperti ini menerima pesanan maksiman H-7 sebelum acara, jadi tidak bisa dadakan begitu saja. Kue nya sendiri saya coba pesan melalui Instagram, saat sedang browsing melalu hashtag #customcakejakarta saya menemukan satu toko kue yang feed nya rapih sekali menunjukkan beberapa kue hasil buatan mereka. Saya suka melihat toko yang memang feed nya rapi dan menampilkan gambar-gambar dengan sangat jelas, kalian bisa lihat di Instagram @mypreciouscakes atau di Facebook mereka. Kebetulan saya baru memesan H-3 dan si owner masih sempat membuatkan kue saya, alhamdulilah. Tepat di hari H, kue saya datang jam 9 pagi dan begitu datang, saya takjub sendiri melihat design kue nya, karena super magical buat saya dan terutama buat Inaaya yang sampai merengek tidak boleh potong kue nya :p


Tahun ini cukup sederhana karena saya hanya menyiapkan meja kecil dan ukuran kue yang saya pesan yaitu Medium sehingga cukup memenuhi si meja tanpa saya menambah perintilan kue just like last year, ada cupcakes, cake pops, mini cookies. Dari pengalaman sih kue-kue ini cuma jadi mubazir saja karena tidak ada yang makan, mostly orang malah mau makan potongan cake utama nya saja daripada si kue-kue perintilan itu.

2) Dekorasi
Untuk dekorasi, setiap tahun aku pasti selalu hunting di ITC BSD karena toko party supplies nya cukup banyak dan saling berdekatan jadi cukup muter-muter di satu tempat aja ga perlu kemana-mana. Salah satu toko yang cukup lengkap ada di lantai G, yaitu toko PESTAKU. Dari mulai balon, garland, pinata, berbagai macam model goodie bag, cake toppers, pokoknya semua ada disini. Tapi karena rame, ya itu mungkin ga semua model tersedia karena habis. Untuk goodie bag pun murah meriah disini sudah termasuk mereka bungkusin harganya, kita hanya perlu menyiapkan isi goodie bag nya saja seperti snack.

Saya juga membuat banner kecil untuk diletakkan di belakang dessert table, jadi memang nantinya bisa dipakai untuk spot foto keluarga bersama Naaya. Banner saya sendiri hanya seukuran 120x70 cm, dan itu saya print di REVO Print Shop. Untuk banner saya sarankan pesan dari H-2 ya karena mereka biasanya perlu waktu 1 hari untuk print si banner jadi nanti nya ga terburu-buru atau malah tidak sempat diambil. Harga banner indoor seperti saya itu kurang lebih Rp 75.000. Ini optional saja sih, karena niatan saya supaya nanti foto bersama dirumah jadi bagus, karena sehabis acara si banner ini ga terpakai, hehe. Mungkin bisa sih diakalin sebagai hiasan kamar :p


3) Food and Beverage
Nah untuk makanan ini agak sedikit tricky sih, saya sendiri lebih suka menyiapkan makanan yang porsinya memang besar dan banyak jadi ga perlu repot makan tempat juga, misalkan seperti Nasi Liwet, Nasi Kuning, Nasi Kebuli, yang memang sudah ditata di satu tempat besar sehingga memudahkan kita buat memajang makanan dan memudahkan tamu untuk mengambil makanannya juga. Untuk minuman yang disediakan juga standard saja seperti Aqua 600 ml, Hydro Coco, Minute Maid, Ultra Milk. Semua serba kemasan sekali buang, tidak perlu pakai gelas plastik segala karena cuma memperbanyak sampah saja dirumah :p

Saya tidak lupa juga untuk stock buah-buahan yang mudah dimakan seperti jeruk dan anggur. Selain itu untuk dessert, bisa pesan seperti pudding cup yang juga mudah dimakan tanpa perlu belepotan sana-sini, hehe.

Kira-kira cuma itu saja sih yang aku persiapkan setiap tahunnya untuk pesta sederhana dirumah. Benar-benar jauh dari kata 'repot' yang pasti deh, hehe. Kalau harus dibandingkan dengan ultah pertama itu sih seperti nya saya sudah nyerah duluan kali ya karena repotnya benar-benar dari 2 bulan sebelum acara. Lagipula anak saya juga bukan tipe banci pesta hahaha jadi dia jauh lebih senang berkumpul dengan beberapa teman dekatnya (pengalaman dari ultah pertama) dan kalau dibaca-baca dari beberapa artikel pun, anak dengan usia PAUD seperti ini jauh lebih nyaman jika merayakan suatu acara dengan tamu kurang lebih 8-10 orang. Pusing juga kali ya mereka kalau terlalu rame, haha.


Untuk beberapa ide dekorasi sederhana, kalian bisa liat hashtag instagram #InaayaBirthday atau klik label 'Birthday' di setiap post blog saya karena setiap tahun saya pasti share foto-foto keseruan ulangtahun Inaaya dirumah. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk membuat ulang tahun sederhana dirumah ya, moms! Thanks for reading and have a nice day! :D

No comments:

Post a Comment