Wednesday, December 21, 2016

Students and Parents Project

It's DIY-Time!
Kira-kira sudah berapa lama ya saya ga share kegiatan DIY inaaya dirumah? Sudah lama sekali yang pasti, tapi alhamdulilah kegiatan DIY masih terus berjalan kok, cuma saya saja yang kadang suka lupa untuk foto-foto karena sudah excited sendiri, hihi. Beberapa saat lalu, Inaaya mendapatkan tugas disekolah yaitu membuat sebuah project bersama kedua orangtua nya. Kita pun mendapatkan pilihan dari mulai Exhibition ataupun Performance. Kami sekeluarga sih sudah pasti memilih Exhibition karena bukan termasuk banci tampil yang mau ditonton banyak orang, hahaha.

Kami mendapatkan waktu kurang lebih sebulan untuk menyiapkan prakarya yang akan ditampilkan nantinya, cuma memang saya dan suami termasuk agak santai sampai-sampai ga terlalu memikirkan prakarya apa yang akan dibuat. Menjelang H-7 barulah kita mulai sibuk dan panik sendiri karena belum ada ide sama sekali. Setelah browsing cukup lama di Pinterest, saya mengambil ide sederhana untuk membuat prakarya dari stik es krim. Dari ide sederhana itu ternyata Papa dan Inaaya langsung setuju untuk membuat kandang, Inaaya pun langsung sibuk dengan imajinasi nya mletakkan binatang-binatang peliharaan nya disana. Kebetulan kami punya koleksi lego cukup lengkap dan ada beberapa koleksi lego farm yang memiliki miniatur hewan-hewan seperti sapi, kuda, ayam, dsb.

Peralatan yang dibutuhkan:
  • 10 Pack Stik Es Krim
  • Wood Glue
  • Cat Warna-Warni
  • Serbuk Gergaji
  • Miniatur Pohon/Rumput
Untuk proses pembuatannya sendiri, saya mengakui ternyata rumit sekali, haha. Kalau liat gambar sih sepertinya mudah tapi ternyata begitu dikerjakan ampun deh, cukup menguras tenaga, waktu dan pikiran ya. Inaaya sendiri sabar sekali mengerjakan prakarya ini selama kurang lebih 4 hari proses pembuatannya. Meskipun kadang dia kesal juga karena kelamaan menunggu bagian yang ingin dia cat segera.

Part tersulit disini adalah saat Papa harus menggabungkan beberapa rangka stik menjadi bentuk rumah. Dari mulai bentuk rumah sampai bagian atap nya benar-benar tricky dan perlu banyak akal sampai si rumah ini bisa kokoh berdiri. Di bagian ini Inaaya kebanyakan 'ngerecokin' dan sesekali berimajinasi bagaimana bentuk si kandang ini nantinya.




Making the windows


 Papa mama mulai pusing cari cara untuk membentuk si kandang ini :p

 Hasil begadang, akhirnya berhasil tergabung jadi bentuk kandang.




 Her favorite part: Painting the Barn!

Salah satu bagian favorit Inaaya adalah ketika harus mengecat seluruh bagian kandang. Saya sendiri menunjukkan gambar kandang yang saya temukan dari Google untuk dia ikuti warna-warnanya. Dari mulai bagian utama kandang, atap, sampai bagian rumput di area halaman kandang. 








Let's fill the barn!

Bagian paling menyenangkan lainnya adalah saat kami membiarkan Inaaya mengisi sendiri kandang impiannya. Saya menyiapkan serbuk gergaji, potongan serbuk cemara sampai potongan tali yang menyerupai kandang ayam yang saya temukan di toko prakarya didekat rumah. Saya sendiri cukup takjub dengan imajinasi yang berhasil diluapkan Inaaya saat mengisi kandang ini, dari mulai pertanyaan sederhana seperti, "Mah kalau kelinci aku taruh diatas pasir aja ya, supaya dia bisa main pasir." atau pertanyaan lucu seperti, "Ini sapi sama sheep nya kalau deketan berantem ga mah?"

Pengalaman pertama membuat prakarya bertiga ternyata seru sekali. Mungkin bisa jadi salah satu alternatif liburan dirumah karena buat saya tugas ini benar-benar mempererat bonding diantara kami bertiga. Belum lagi melihat si Papa yang kadang lelah pulang kerja di malam hari langsung semangat untuk ganti baju dan membantu Inaaya menyelesaikan kandang impiannya, he was like a hero to our daughter.









Our Popsicle Stick Barn!

Saatnya penilaian di sekolah,Inaaya excited sekali membawa kandang impian nya ke dalam ruang Exhibition. Disini kami diberikan cangkir yang nantinya akan diisi koin untuk vote dari para tamu yang hadir juga murid-murid dikelas lain. 





Baby bump spotted! :p























Well, it was such a fun experience dan meskipun prakarya ini belum berhasil dimenangkan, tapi kami tidak kecewa sedikit pun karena proses yang dijalani saat pembuatan kandang impian ini benar-benar menyenangkan. Saya juga bangga sekali melihat hasil karya orangtua dan anak-anak lainnya yang menurut saya sangat kreatif. Inaaya juga sempat saya ajak melihat hasil karya anak lain dan menjelaskan bagaimana keseruan yang semua anak jalani selama membuat prakarya bersama orangtua nya. She loves all the artwork and hoping to make another projects with us again, tapi mama papa istirahat dulu ya nak sampai minggu depan! :p

Thank you for reading and have a nice day!

No comments:

Post a Comment