Thursday, January 12, 2017

Food-Painting Activity

Libur sekolah! Yap, setiap hari kamis sampai minggu Inaaya biasa nya sudah tidak ada kegiatan belajar di sekolah. Di hari-hari ini ini lah biasa nya saya perlu untuk putar otak mencari kegiatan seru dan bermanfaat buat Inaaya dirumah. Minggu ini aku mengangkat tema painting, salah satu kegiatan favorit Inaaya karena dari libur akhir tahun kemarin saya lagi jarang memberikan cat-cat ke dia berhubung males bersihin rumah sampai dapat assisten rumah tangga baru.

 Siang ini Inaaya keliatan excited sekali begitu saya bilang akan bermain cat. Permainan hari ini adalah Food Painting. Jadi semua berbahan dasar dari makanan dan bisa dimakan juga sama si anak, hihi. Aku merekomendasikan permainan ini untuk anak diatas umut 3 tahun ya, an masih perlu pengawasan ketat dari orangtua.


Bread Painting
Supplies
  • Roti Tawar
  • Susu Kental Manis (Putih dan Coklat)
  • Food Coloring
  • Air Putih
  • Additional Food Ornaments (Ceres, Chocolate Chips, etc)
  • Kuas

Kegiatan pembuka kita hari ini adalah Bread Painting, dengan menggunakan bahan dasar roti tawar. Cara pembuatan edible paint nya nya juga cukup mudah, hanya perlu susu kental manis dicampur sedikit air dan beberapa tetes pewarna makanan. Kalau cat nya tidak mau terlalu kental bisa tidak menggunakan SKM melainkan hanya air dan pewarna makanan. Siapkan juga kuas dan biarkan si Kecil berkreasi dengan menggambar roti tersebut. Inaaya sempat bingung dan excited juga karena baru pertama kali mewarnai diatas roti. Dan sehabis itu, voila! Roti juga bisa langsung dinikmati si Kecil dan dipastikan 100% aman.


Veggie Painting
Supplies
  • Sayur dan Buah (Jagung, Timun, Paprika, Kentang, Belimbing, dsb)
  • Washable Paint or Edible Paint
  • Kertas dan Kuas



Kegiatan selanjutnya juga lebih mudah dan cukup praktis untuk persiapannya. Moms hanya perlu melihat isi kulkas dan menyiapkan sayuran atau buah yang mudah dipegang si kecil seperti Timun, Jagung, Paprika dan dipotong menjadi beberapa bagian kecil. Siapkan juga edible paint nya seperti resep yang saya share diatas dan siapkan kertas untuk media lukis si Kecil jika khawatir si Kecil akan memakan si buah/sayur tadi. Bisa juga diganti dengan washable paint jika dirasa si anak sudah mengerti untuk tidak memasukkan benda sembarang ke dalam mulut. In just a few minutes, si Kecil akan menciptakan bermacam bentuk yang dihasilkan dari si sayur dan buah tadi. Inaaya paling senang menggunakan belimbing karena membentuk shape bintang, hihi.



Simple ya? Saya paling senang menyiapkan aktifitas sederhana seperti ini untuk Inaaya karena dia bisa cukup tenang selama beberapa jam dan saya bisa sambil melakukan aktifitas lain dan pastinya bisa mengasah kreativitas mereka juga. How's your weekend activitiy, moms? Kalau ada ide permainan sederhana lainnya, boleh share di comment section below ya, inshaallah kalau ada waktu saya akan coba recreate dan post disini :D

Thank you for reading and have a nice day! :)

No comments:

Post a Comment