Saturday, June 24, 2017

Baby Massage



Selagi banyak waktu luang hari ini, dan melihat banyak sekali pertanyaan di DM berkaitan dengan pijat bayi yang aku posting di insta story pagi tadi, aku akan posting mengenai pijat bayi secara mendetail dan juga gambar yang lebih jelas supaya bisa lebih dipahami lagi sama mommies di blog ini ya. Untuk para ibu diluar sana pasti nya sudah tau dong ya mengenai manfaat pijat bayi dari segi kesehatan sampai untuk urusan menguatkan ikatan hubungan orangtua dengan si kecil juga  meningkatkan proses belajar bayi.


Dari jaman mengurus kakak Naaya, pijat adalah salah satu rutinitas yang hampir ga mungkin saya lewatkan bahkan sampai Naaya sekarang sudah 4 tahun. Waktu untuk memijit pun saya sesuaikan dengan tingkat bagus nya mood mereka. Naaya dan Naura sendiri tidak beda jauh, mereka paling happy bermain itu sehabis mandi dan sesaat sebelum tidur. Noted dalam keadaan perut kenyang ya karena biasa sebelum mandi sudah saya susui terlebih dahulu sehingga ada jeda waktu kurang lebih 30 menit dari sesudah menyusui, mandi, ganti baju sampai ke waktu pijat.

Apa saja yang perlu disiapkan?
Cukup siapkana area pemijatan dengan permukaan rata serta bersih (bisa baby taffel atau kasur kita) dan gunakan handuk lebar dan lembut atau bisa juga kain bedong sebagai alas agar bayi nyaman berbaring di atasnya. Nah, Berikut langkah-langkah yang biasanya saya lakukan kepada anak-anak, dimulai dari pijat wajah, pijat dada, pijat lengan, perut sampai kaki.

PIJAT WAJAH
1) Usap-usap dahi si kecil mengarah keluar dengan menggunakan ibu jari, selain dahi saya juga biasanya mengelus area alis dengan sedikit tekanan.

2) Usap dari mulai puncak hidung mengarah ke pipi dengan kedua ibu jari

3) Pijat dagu dengan cara membuat gerakan membentuk lingkaran kecil di area dagu

4) Tekan perlahan area antara hidung dan mulut

PIJAT DADA & PERUT
1) Pijat dada bayi dari area bawah lekukan leher menuju ke perut membentuk huruf I

2) Pijat bagian dada daru mulai bawah lekukan leher menuju ke perut dengan gerakan seperti membentuk lambang hati

3) Pijat dari area kanan bawah perut bayi menuju keatas kanan lalu perlahan berpindah ke area kiri artas perut bayi menuju kebawah seperti lambang huruf U terbalik

PIJAT LENGAN
1) Dimulai dari bahu, remas lembut lengan si kecil mengarah ke lengan atas sampai ke pergelangan tangan

2) Pegang pergelangan tangan anak dengan satu tangan lalu tangan satu nya menepuk nepuk area lengan hingga pergelangan tangan dua jari.

3) Beri tekanan beberapa kali pada area pergelangan tangan si kecil

PIJAT KAKI
1) Letakkan ibu jari di bagian dalam pangkal paha lalu pijat sampai ke arah pergelangan kaki

2) Letakkan tangan di area luar samping paha si kecil lalu elus dengan kelima jari anda sampai kearah bawah pergelangan kaki

3) Beri tekanan pada area telapak kaki. Biasa nya aku memberi tekanan di titik yang aku tandai itu secara perlahan.

Nah kira-kira itu metode pijit yang aku terapkan untuk Naaya sampai Naura saat ini. Setiap anak berbeda sih, kalau Naaya suka banget punggung nya dipijat sehabis mandi, tapi kalau Naura malah waktu mau tidur baru mau dipijit punggungnya makanya di tulisan ini ga ada foto pijat punggung berhubung ini baru selesai mandi hehe. Pinter-pinter orang tua nya sih untuk baca situasi apa yang nyaman buat anak dan apa yang nggak.

Timing juga jadi kunci penting keberhasilan si pijat bayi ini, jangan saat si bayi mengantu atau rewel atau bahkan lapar. Kalaupun sehabis disusui/makan pastikan moms menunggu kurang lebih 30 menit sampai akhirnya dipijat. Dan untuk pijatnya cukup pakai baby oil atau minyak telon. Kalau sebelum mandi bisa pakai baby oil supaya sehabis itu dibilas, kalau sesudah mandi bisa pakai minyak telon pijatan nya. Jangan lupa kalau untuk muka cukup dengan baby oil tipis-tipis saja ya. Kalau dalam case Naura karena badan nya super sensitif jadi aku pijatnya pakai natural body oil dan face cream yang khusus memang tapi kalau si kecil ga ada masalah kulit bisa pakai apa saja kok.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi para mommies diluar sana ya.
Thanks for reading and have a nice day!


 

No comments:

Post a Comment