Friday, September 15, 2017

MPASI #2 - Menu dan Jadwal

Selamat makan, adik!

Enam bulan setelah program ASI ekslusif, akhirnya aku sudah bisa mulai memperkenalkan makanan padat pertama untuk Naura. Sudah baca kah persiapan dan tips ku sebelum memulai MPASI di sini? Nah, cerita selanjutnya aku akan post disini mengenai menu dan jadwal makan Inaaya sehari-hari karena topik ini termasuk yang paling ditanyakan di Instagram.

 Untuk 14 hari pertama aku menerapkan metode spoon feeding dengan Menu Tunggal berdasarkan rekomendasi WHO. Bahkan Snack-Time pun aku masih menerapkan Spoon Feeding mengingat aku baru berani menerapkan BLW saat Naura sudah masuk 7/8 bulan dimana umur aku yakin saat masuk 7/8 bulan Naura sudah bisa duduk sendiri dengan tegak. Saat ini duduk Naura belum tegak banget kalau tidak pakai booster seat dan lagi dia juga masih merambat. Maka dari itu aku masih ragu untuk menerapkan metode BLW saat snack-time nya. Untuk Jadwal Naura yang sudah aku buat kira-kira seperti ini:


Untuk saat ini aku masih di hari ke-10 Naura menu tunggal. So far untuk jadwal makan sendiri biasanya di jam 07.00 WIB untuk makan paginya dan sekitar pukul 15.00 WIB untuk makan sore. Kalau diperhatikan di bagian buah aku melakukan beberapa pengulangan dikarenakan beberapa buah-buahan ga disukai sama Naura alias disembur, contohnya Buah Naga, Pisang Ambon, dan Jambu Klutuk, 3 buah itu Naura cuma mau 1 sendok jadi aku ganti buah-buah yang dia suka. Tapi untuk makanan utama selalu aku ganti tidak ada pengulangan. Jujur tricky banget sih menu nya karena Naura bakat alergi jadi aku cuma sekali tes Ikan yaitu Ikan patin tapi baru berani di hari terakhir menu tunggal nanti hehe saat ini yang aman-aman aja dulu.

Selain itu semua menu nya selalu dapat Lemak Tambahan maksiman 1/2 sdt. Lemak tambahan yang aku kasih ada EVOO dan Kaldu Ayam. Untuk keju juga bisa tapi masih aku hindari mengingat bakat alergi Naura, jadi aku masih main aman dulu hihi.


Soal banyak makanan Naura sendiri aku sih tidak ada patokan takaran. Baiknya bayi baru MPASI itu kan makan sekitar 2-3 sendok makan atau around 30 ml. Naura sendiri selalu habis satu mangkok sih alhamdulilah jadi aku tenang dan tidak terlalu menakar total ml makanan yang masuk ke Naura

 Oh iya, buat yang nanya soal kenapa GTM anaknya, jujur dari aku pribadi cuma mau menyarankan untuk tetap semangat. Cuma itu? Yes, Naaya dulu GTM parah kok, bukan kaya Naura yang lahap banget pas ketemu jam makan. Satu sendok aja perjuangan yang sangat berat buat aku dulu sampai mau nangis terus setiap hari. Bahkan GTM nya berlangsung sampai dia usia 3 tahun kok haha. Lalu tiba-tiba datang sendiri masa nya dimana Naaya itu lahap banget makannya tapi balik lagi GTM lagi haha duh pusing 7 keliling mama nya mencoba segala jenis menu dan kreatifitas dikeluarkan demi suapan-supan yang sedikit tapi penuh nutrisi. Jadi moms,Naaya dan Naura yang notabene kakak-adik kandung aja bisa beda selera makannya, jadi jangan disamain untuk setiap anak.Jangan di push anaknya untuk makan. Mungkin dia memang belum mau, mungkin dia lebih suka ASI karena sayang sama ibunya, yakan hihi.

Mungkin kita nya harus lebih sabar atau lebih kreatif, jadi dibawa happy aja. Akan ada masa nya anak itu mau makan kok. Motherhood is not a competitions, share kali ini untuk membantu para ibu-ibu yang mau menyusun jadwal makan anaknya yang baru mulai MPASI. Selamat MPASI adik-adik bayi diluar sana! :)

Thank you for reading and have a nice day! :)

7 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. It's true. Saya kakaknya aja dulu kayanya gampanggg banget makannya. Entah kenapa adeknya ini super duper susah makan sampe stres sendiri kadang2 :"(
    Thankyou for sharing moms

    ReplyDelete
  3. Iya, kakak adik aja bisa beda banget selera makannya ya. Semangat MPASI, mom!

    ReplyDelete
  4. Nah..iya mikir gini aja deh ya.. "mungkin dia lebih suka ASI karena sayang sama ibunya" supaya ga stres tapi berusaha sabar n kreatif.. Thanks ya mom!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha betul, jadi kan ibu nya ga stress malah makin happy :D

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Saya mau sharing mom. Sejak bulan yang lalu anak saya GTM parah. Bisa jadi trauma karena memberi makan diam2 seperti pada postingan blog mom Arcilla sebelumnya. Setiap bangun pagi pikiran udah was was, hari ini anakku mau buka mulut gak ya, usaha gimana lagi ya biar mau makan, bahkan dalam sehari saya bisa bikinkan 3-4 macam makanan, berharap salah satu ada yang dia lahap makannya. Sekarang saya sudah pasrah (bukan berarti gak semangat lagi), saya tetap berusaha tapi seperti yang mom tulis di atas, saya yakin suatu saat nanti semua ini akan berakhir, akan ada masa nya Fatan mau makan. Semoga secepatnyaaaa... Dan sekarang saya ikutin semua yg ada di postingan blog mom sebelumnya, seperti enggak kasih makan diem2 (dulu sering banget, pake sendok bahkan suapin pake tangan 😂), durasi makan 30 mnt dan no gadget atau toys saat makan. Tetap semangat ibu-ibu yang lagi MPASI!

    ReplyDelete