Monday, September 11, 2017

The Joy of Outdoor Play

Bagi sebagian orangtua yang lahir di era 80/90-an mungkin menyadari betapa saat ini anak-anak sangat kurang dalam hal beraktifitas di luar ruangan. Ah, saya ingat betul betapa menyenangkan nya dulu saat saya bermain karet lompat, bersepeda, atau sekedar berlarian di taman bersama teman-teman seumuran saya. Hasil baca sana-sini pun aku memang banyak menemukan artikel dimana para pengamat juga mengungkapkan bahwa dalam beberapa dekade terakhir, ada kecenderungan anak-anak lebih banyak bermain indoor.
Aku sendiri termasuk orangtua yang dulu males banget bawa Inaaya main keluar. Dulu alasannya lebih ke faktor keamanan sih seperti bahaya terluka atau cedera kalau bermain outdoor yang membuat saya lebih senang Naaya itu bermain indoor ketimbang outdoor, tapi masuk Inaaya 2 tahun itu saya sadar kalau outdoor play itu penting dan punya segudang manfaat dari mulai manfaat fisik, kognitif, bahasa, emosi, sampai manfaat sosial. Semenjak saat itu saya memotivasi diri sendiri untuk sering  membawa Inaaya bermain outdoor, tapi ya memang aku akuin kesulitan utama nya adalah memikirkan aktifitas apa yang tepat buat Naaya saat dia bermain outdoor apalagi di lingkungan komplek rumahku teman-teman seusia nya itu jarang keluar rumah, mungkin sama juga sih kaya pemikiran ku dulu takut anak-anak capek atau bahaya cedera.

Well, anakaanak komplekku saja sudah bisa jadi salah satu bukti kecil bahwa anak-anak lebih suka main dirumah ya, haha. Kalau dipikir-pikir paling juga dirumah kegiatannya apa sih? Cuma mewarnai, main lego, baca buku, atau main princess-princess lah bahkan untuk beberapa anak paling mentok juga nonton TV atau main gadget. Kalau untuk TV  dan Gadget sih aku termasuk yang hampir ga pernah kasih gadget kecuali weekend (ini biasanya hanya hari Sabtu atau Minggu saat Naaya menginap di tempat neneknya). Untungnya anakku bukan tipe rewel yang minta gadget karena dari dulu benar-benar aku memberikan quality-time penuh untuk bermain bersama Naaya.


Nah, minggu lalu aku diundang oleh ELC (Early Learning Centre) yaitu gerai penyedia mainan edukatif yang berasal dari UK, yang pastinya tidak mungkin ada ibu-ibu yang gatau ELC ya, haha. Sesuai dengan nama event nya, ELC Outdoor Playdate ini diadakan di outdoor Playground Hotel Borobudur.Dengan konsep piknik, begitu kita masuk ke area Playground nya aku bisa liat arena hijau nan luas dan ada area picnic mat disekitar nya untuk para tamu undangan bersantai sambil menikmati cemilan yang disediakan sementara anak-anak menikmati playground dan berbagai mainan outdoor dari ELC.




Begitu masuk, Naaya langsung heboh lari kearah Playground. Dia langsung memanjat, meluncur, melompat. Belum lagi dia sempet lari muterin area hijau penuh rumput disana seakan-akan dia sedang berimajinasi dengan dunia nya sendiri saat sedang berlari. Aku sebagai ibu pun bahagia rasanya bisa bawa Naaya main outdoor dengan banyak teman-teman seusianya yang juga berlarian kesana-kemari. Lanjut lagi Naaya pun sibuk bermain dengan beberapa mainan luar ruangan atau Outdoor Play Series dari ELC yang ditata dengan manis disetiap area untuk menemani aktivitas anak-anak saat bermain di luar ruangan.

Saya sendiri merasa sangat familiar dengan seluruh mainan ELC karena dari bayi hampir semua mainan Naaya pasti beli disini haha jadi sepertinya Inaaya melihat Junior Trampoline, Sand and Water Table, The Bubble Fish, Plastic Double Side Easel sampai Scooter kayanya sudah ga asing lagi, malah dia takjub kali ya mainan-mainan itu diletakkan di area playground nan luas dan banyak anak-anak seusia nya ikutan main.





Oh iya, seri mainan outdoor dari ELC ini bisa digunakan dari usia mulai dari 2 tahun keatas dan dilengkapi keterangan mengenai kemampuan dan pembelajaran apa yang dapat didapatkan oleh anak ya moms. Jadi itu adalah salah satu alasan kenapa aku selalu beli mainan disini, seluruh petunjuk usia serta keterangan mengenai kemampuan dan pembelajaran apa saja yang didapat si anak dari mainan tersebut itu komplit semua di tag mereka. Nah, salah satu favorit Inaaya waktu kecil sampai sekarang itu adalah ELC Junior Trampoline yang sangat bagus untuk melatih koordinasi dan keseimbangan anak-anak. Trampoline mini ELC ini memiliki pegangan dan tepian yang empuk sehingga aman untuk digunakan anak-anak kita. Ini pastinya akan dilungsurkan ke adiknya nanti karena masih super awet sampai sekarang, hehe.


Setelah lelah bermain kesana-kemari, Inaaya juga sempat ikutan Face Painting sama kakak-kakak dari ELC. Face painting nya menggunakan ELC Snazaroo Face Paint Kit yang merupakan cat yang mudah dicuci dengan air dan sangat aman untuk kulit anak-anak. 











ELC Outdoor Playdate kali ini pokoknya seru banget! Yuk ibu-ibu mulai sekarang ajak anak-anak untuk bermain di luar,  jika perlu informasi lebih banyak tentang Outdoor Play Series ELC, bisa langsung ke websitenya di www.mothercare.co.id ya. Than you for having us, ELC!

Thank you for reading and have a nice day! :)


2 comments:

  1. asik dan seru banget ya, main di luar rumah.
    Bagaimana cara mengawasi anak-anak yang sedang larian di luar rumah ya?
    thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita nya yang harus selalu waspada pasang mata dan pastikan area tempat dia berlarian aman ya mom. Jadi ga dilepas sendirian,kalau anak nya sudah agak besar juga bisa sambil kita beritahu untuk berhati-hati sebelum bermain :)

      Delete