Monday, October 16, 2017

MPASI #3 - Tools and On-The-Go


Hujan-hujan di sore hari ini, balik lagi aku mau sharing sedikit soal MPASI. Salah satu pertanyaan umum yang hampir setiap hari ditanyakan oleh para followersku yaitu peralatan MPASI dan bagaimana aku membawa MPASI sehari-hari. Oh iya, bagi para readers baru aku mau menginfokan kalau memang beberapa category yang aku bahas aku bagi lagi kedalam beberapa artikel berbeda agar lebih mudah untuk dibaca dan juga tidak berantakan. Jadi yang mau baca-baca soal MPASI silahkan ke area Parenting dengan label #MPASI ya :)


Untuk urusan MPASI, kalau saya harus flashback ke anak pertama, biasa ketika anak mau MPASI itu pasti 'mupeng' nya luar biasa, apa-apa aja kayanya dibeli semua seperti saya dulu. Nah dari pengalaman beli peralatan MPASI yang seabrek dan ujung-ujungnya ga terpakai aku akan rangkumin beberapa peralatan yang benar-benar terpakai.

1) Babycook
Some people ask me an important question, What is the fundamentals of having your own baby food processor compare to making it manually on stove in the kitchen? Well, saat ini memang ada banyak sekali pilihan baby food processor di luar sana seperti Nutribaby, Beaba, Babysafe, dsb. Menurut aku baby food processor itu penting bagi para ibu yang kegiatan nya segudang, namun jika banyak waktu luang dirumah, hmm pass aja deh peralatan satu ini.

Saya sendiri mustahil banget bisa punya waktu at least 2-3 jam aja dirumah. Terlalu banyak aktifitas dan pekerjaan yang harus di handle bahkan kehidupan saya nyaris seharian di jalan, jadi penyelamat saya ya cuma baby food processor. Pilihan saya sendiri sih jatuh ke Beaba. Biasa sebelum memilih suatu produk aku pasti liat perbandingan dengan mencoba punya teman atau menyewa suatu produk terlebih dahulu mengingat beberapa peralatan baby saat ini harganya cukup tinggi jadi sayang banget kalau tiba-tiba ga cocok atau ga sesuai sama kebutuhan kita. Beaba ini termasuk yang paling ringkes di aku jadi in case aku harus ga pulang atau travelling, beaba cukup kecil untuk kubawa ketimbang yang lain. Kalau memang moms memutuskan untuk melakukan secara manual di kitchen ya yang perlu banget dsiapkan sudah pasti kukusan dan blender.


2) Feeding Set
Nah aku biasa nya memilih perlengkapan makan yang sudah satu set, isi nya tuh biasa udah sepaket semua dari mulai Piring, Sendok, Gelas, Mangkuk, Snack Cup and Lid. Kalau aku pakai Mother's Corn, kebetulan aku memang tertarik sama produknya karena unik, perlengkapan makan mereka semua terbuat dari Jagung. Unik ya? Dan pas aja gitu ukurannya buat anak bayi dari mulai mangkuk sama sendok nya pas banget di mulut Naura.


Oh iya, banyak juga kok brand lain ga harus itu. But in my opinion, asal pilih yang udah komplit set aja karena pasti kepake semua dan juga jauh lebih hemat. Selain si Mother's Corn ada juga tuh merk Pigeon yang set nya itu kayanya dipakai sejuta umat karena awetnya luar biasa. Dan set nya sih menurut aku cukup 1 aja udah lengkap kok, ga perlu banyak-banyak, kan habis makan tinggal cuci. Simpe isn't it?

3) Kitchen Utensils
Peralatan seperti pengupas, pisau, talenan dari dulu pasti aku pisahin sama peralatan dapur orang rumah untuk menjaga kebersihan makanan bayi. Sekarang semua peralatan dapur nya aku pakai dari IKEA, dari mulai pisau buah dan pisau daging, talenan juga aku pakai 2 yang dipisah karena memang lebih baik dipisah antara buah-sayur dan juga daging, selain itu aku beli juga pengupasalat peras jeruk, dan terakhir saringan in case makanan yang sudah di blender masih kurag  halus.


3) Lunch Bag dan Small Container
Karena mobilitas yang tinggi dan anak-anak hampir selalu setiap saat ikut aku, dua perlengkapan diatas is a must! Biasanya pagi-pagi sekali aku tuh sudah menyiapkan makanan Naaya dan Naura untuk bekal seharian. Untuk Naaya makanan sudah pasti lebih simple karena mengikuti menu keluarga dan tinggal di masukin ke bekal.



Kalau untuk Naura aku perlu mini container yang pas dengan ukuran jumlah makan Naura dan aku pakai set dari Mothercorn karena bentuknya yang unik terus terbuat dari gelas kaca jadi gampang aku panasin saat mau dihidangkan. Untuk lunchbag aku pakai dari Lassig dan itu ringkes banget bisa muat 3 container makan plus gelas dan mangkuk sampai ice-gel. Ga lupa juga aku selalu bawa  1 pack ice-gel supaya makanan tetap awet (Seperti pada gambar paling atas)

4) Bib
Bib ini pastinya bener-bener perlu sih dan ga cuma satu tapi jug aga perlu banyak-banyak. Kalau aku hanya punya 2 bib dirumah, yang satu Baby Bjorn Soft Bib khusus untuk dirumah dan satu lagi Tommee Tippee yang Roll N' Go, this one is definitely my fav karena ringkes untuk dibawa soalnya dia tinggal digulung gitu jadi  kecil ga makan tempat saat dibawa untuk aku pergi-pergi. Kedua bib ini termasuk yang bahannya kaya silicon gitu jadi gampang dibersihin dan tinggal di lap atau dikeringkan untuk next meal setelah pemakaian, jadi ga perlu banyak-banyak kaya fabric bib, cukup 1-2 bib aja dirumah.

5) Slow Cooker
Nah kalau ini buat yang waktu luang nya ga banyak sih perlu banget banget, bayangin moms mau bikin kaldu terus mesti nunggu di dapur 3 jam? Saya sih ga bakal sempet pasti, jadi better pakai slow cooker malem semua sudah dicemplungin terus tinggal colok dan tadaaaaa it's done in the morning! :D Kalau mau cari review paling oke sih udah pasti Takahi, dan better beli yang 1.2 liter sekalian gausah beli yang kecil karena toh bisa dipakai sekeluarga.

6) Plastik Ziplock
Kalau aku pribadi ini hukumnya wajib hehe especially aku selalu nyiapin makanan anak-anak di stock dalam freezer minimal itu untuk 3-4 hari kedepan, bahkan beberapa daging ataupun tulang dan ceker ayam pun memang aku freeze untuk penggunaan beberapa minggu ke depan. Itu adalah salah satu cara ku untuk tetap bisa memberikan anak-anak makanan fresh ditengah kesibukan saya. Favorit masih plastik klip dari IKEA, dia tersedia di beberapa ukuran biasanya aku pakai yang orange yang 0.4oz kalau ga salah. Mengenai food stock memang sudah pernah aku share di Instastory cuma belum pernah disini. Next time aku sempetin share ya!





No comments:

Post a Comment