Sunday, November 26, 2017

Giginya mana?

13 Months Old Inaaya, masih ompong :p

Naaya gigi nya mana? Naura gigi nya mana?
Ya Tuhan, ini pertanyaan seribu umat dari jaman Naaya masih bayi sampai sekarang. Pertanyaan tergengges yang berkesan sangat judgemental buat ibuk-ibuk , huft. Uniknya di malam saya lagi asik baca beberapa DM seperti itu, salah satu member dari komunitas yang saat ini saya dirikan, Mamapedia, juga sedang menanyakan perihal gigi di forum kami. Mom Nabila bertanya kepada sesama member; "Mom tentang tumbuh gigi, ada ga sih batasan buat anak tumbuh gigi? Misalkan usia berapa gitu? Aku lihat kok anak-anak lain dibawah setahun gigi nya sudah banyak banget"
Well, seru juga dijadiin tulisan random di hari Minggu sore ini karena memang pertanyaan Mom Nabila juga pernah saya tanyakan beberapa tahun lalu, saat kakak Naaya masih juga ompong, haha. Belum lagi lihat respond lingkungan sekitar dulu yang disajikan dalam beberapa versi, seperti:

Versi Optimis: "Ah gapapa tumbuh lama, nanti jadi ga gampang keropos"
Versi Optimis: "Udah gapapa itu malah enak loh waktu nyusuin ga perlu merasakan sakitnya digigit"
Versi Mitos: "Kalau tumbuh gigi dulu nanti jalannya lama loh, kalau jalan duluan malah giginya yang lama"
Versi Pesimis: "Harus segera bawa ke dokter tuh jangan-jangan kekurangan kalsium"

Percakapan diatas pasti banget pernah didengar sama buibuk disini, dan mungkin artikel ini aku buat cuma buat merangkumkan apa yang terjadi di sekitar saya sih soal pertumbuhan gigi anak-anak dan pastinya untuk menenangkan para ibu-ibu yang gigi anaknya belum tumbuh. Ga perlu pesimis liat feed instagram anak yang giginya udah penuh under 1 month, menurut ku pribadi setiap anak punya ciri khas masing-masing dalam tumbuh kembangnya.

Anak pertama saya misalkan, kakak Naaya, disaat belum banyak instagram kids seperti saat ini, rasanya dulu sebel banget tiap di judge anak saya ompong sampai 14 bulan. Tapi begitu masuk usia 15 bulan, giginya langsung nongol 2. Jadi, ga ada tuh yang namanya gigi nya ga ada apa kurang kalsium. Memang gigi nya ga mau keluar aja kali, haha.

Ada juga teman dekat saya, yang gigi anaknya baru tumbuh saat 13 bulan dan langsung 7 sekaligus. Ada juga yang 6 bulan malah sudah keluar 2. Sedikit penjelasan dari DSA ku dari jaman Naaya Naura dan juga dari Ortho yang bisa digaris-bawahi: Pertumbuhan gigi maksimal anak-anak itu sampai dia usianya 18 bulan, jadi kalau memang masih setahun belum keluar seharusnya dibawa santai aja. Kita sendiri juga HARUS banyak stimulasi anak jadi ga cuma pasrah saja. Kalau based on ortho ku sih cara stimulasinya;
  • Latih anak menggigit bisa dengan biskuit bayi atau menggunakan teether. Karena saat menggigit itu gigi akan menekan gusi, sehingga mempercepat proses munculnya si gigi.
  • Berikan proses pemberian makanan yang sesuai misalkan jangan kelamaan bubur, tapi mulai naikin tekstur nya perlahan ke semi padat kurang lebih umur 7-8 bulan lalu lanjut ke padat begitu memasuki satu tahun
Coba juga cek genetik dari mama-papanya karena ini termasuk salah satu faktor juga, kalau memang mama atau papanya dulu lama tumbuh gigi nya ya anaknya bisa juga jadi lama, dan yang jelas kemampuan anak berjalan itu tidak ada hubungan nya dengan gigi melainkan tergantung dari stimulasi yang diberikan kepada si anak. So far itu yang dijelaskan sama dsa dan ortho naaya dulu dan mereka juga lah yang menangani Naura sampai saat ini.

Oh iya mungkin saya belum pernah mention sebelum nya, untuk DSA sendiri Naaya selalu ditangani oleh beberapa dokter ini, bergantian sih tergantung aku lagi dekat kearah mana karena masih suka mondar mandir antara rumah sendiri, rumah mertua atau rumah ibuku. Ada dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A dan dr. Novi, Sp.A di RS Harapan Kita atau dr. Badriul Hegar, PhD, Sp.A dan dr. Rahmat Sentika, Sp.A, MARS di RS Premier Bintaro. Untuk spesialis ortho nya sendiri Naaya dengan dr. Luh Putu Puspitawati di Canina Dental Care, ga pernah ganti-ganti kalau ini hehe.

Nah, masih ada yang pusing mikirin soal gigi anak kenapa ga keluar-keluar? Banyak banyak baca forum pertumbuhan anak karena disana mama bisa menemukan banyak teman senasib yang sebenernya hal ini wajar-wajar saja kok. Jangan terlalu dibawa pikiran, yang penting sabar dan banyak stimulasi, oh iya tutup mata dan telinga juga terutama dari feed instagram! Hihi, xoxo

Thank you for reading, and have a nice day!

Post a Comment

© Life at Arcilland - Family and Lifestyle Blog