Monday, December 25, 2017

My Diet Journey #2 - Ketofastosis


Sebelumnya, aku mau berterimakasih banget untuk kalian yang sudah menyempatkan baca tulisan mengenai diet ku di bagian pertama (Baca disini) - In 1 days i've got 4000 readers dan juga beberapa DM serta email ya ng cukup membludak soal menu makanan keto. Well, actually memang aku akan bagi postingan mengenai diet ini kedalam beberapa post mengingat aku ga mungkin langsung nulis seabrek yang pastinya bikin saya sendiri males baca, males nyicil-nyicil tulisan di satu artikel terus berujung ga jadi dipost kadang, haha.


Nah di post kedua ini aku akan lebih ke menjawab beberapa pertanyaan umum yang aku dapat dari tadi malam supaya kalian ga bingung saat mulai menjalani Ketofastosis dan saat ini fokus tulisan ku adalah Sumber Lemak dan Protein apa yang sering aku makan, Sayur dan Buah Ketogenic itu apa saja serta berapa banyak takaran perhari nya, dan beberapa common problems yang dialami mereka yang baru memulai ketofastosis.

1) Sumber Lemak dan Protein
Untuk bayangan soal apa saja yang saya makan diluar menu yang aku share, note pertama adalah saya selalu memastikan bahwa kadar lemak makanan tersebut tinggi. Biasanya aku makan sop buntut, sirloin steak, ayam bagian paha (lebih berlemak ketimbang bagian tubuh ayam lainnya) atau kepala salmon, kadang kalau ngidam bakso saya bisa ke tukang bakso langganan untuk beli kuah dan sandung lamur nya saja (bakso mengandung tepung jadi ga boleh) dan paling pernah juga bikin bakso sendiri yang full daging tanpa tepung.

Diet ketofastosis ini mudah sih menurut saya, saat kita pergi keluar juga makanan banyak yang bisa kita konsumsi kok. Ayam goreng dijual dimana-mana, sop-sop juga banyak di mall ataupun di pinggir jalan. Kalau mau yang mudah bisa cari restoran padang asli (bukan sederhana) karena mereka benar-benar tidak menggunakan gula dalam memasak dan punya unsur lemak yang banyak sekali dan yang paling sering ditemukan yaitu Santan which is good for ketofastosis.

2) Sayur dan Buah Ketogenic
Bagi mereka yang baru memulai keto, seperti yang aku tulis di postingan sebelumnya, sayur dan buah hanya diperbolehkan bagi mereka yang sudah masuk ke tahap Maintenance atau yang gula darahnya dibawah 80. Bagi ibu menyusui karena kita langsung loncat ke fase ini, jadi sayur dan buah bisa langsung dimakan. Namun tidak semua sayur dan buah loh, dan juga ada takaran yang perlu diperhatikan jadi ga bisa asal seabrek juga makannya. Berikut list sayur dan buah sudah aku susun dalam satu gambar agar kalian gampang untuk save nya.




Diatas adalah contoh menu dan takaran khusus sayur beserta catatan penting yang harus diperhatikan. Untuk buah-buahan bisa cek gambar dibawah ini:



3) Common Problems
Untuk yang baru mulai keto, rasanya pasti wajar jika kalian mengalami beberapa masalah mengingat badan kita sedang menyesuaikan diri dan menghilangkan kadar-kadar gula darah di tubuh. Lemas dan gampang emosi saya rasa pasti, karena tiba-tiba kita tidak dapat mengkonsumsi makanan yang kita suka. Nah, di ketofastosis sendiri ada satu tahapan yang disebut dengan kondisi Healing Crisis atau HC.

(HC) adalah proses dimana tubuh berusaha mengeliminasi dan mengeluarkan segala bentuk kotoran atau penyakit atau ketidakseimbangan yang tersimpan didalam tubuh yang mengganggu keseimbangan dan fungsionalitas seluruh sel-sel ditubuh. Jadi selama 1-2 minggu awal akan ada gejala-gejala (semacam detoxifikasi tubuh) yang dikeluarkan namun akan berhenti seiring dengan hilangnya kotoran tersebut dari tubuh. 

Beberapa contoh HC yang sering dialami : Jerawat, Bisul, Kulit Kering, Batuk, Pilek/ingus, Keputihan, Menstruasi Kental dalam jumlah besar, Sariawan, Gusi bengkak, Amandel bengkak, Gatal di tenggorokan, Dada sesak/panas, Ulu hati sesak, Mual, Muntah, Asam lambung meningkat, Diare/Mencret, Mata merah/berair, Hidung gatal, Telinga Berdenging, dsb.

HC saya sendiri waktu itu berlangsung 5 hari, yaitu dalam bentuk menstruasi kental dan juga mual seharian. Awalnya mungkin para pelaku ketofastosis akan sedikit bingung dengan gejala gejala tersebut, namun usahakan untuk memperbanyak VCO dan Immunator Honey ya saat HC sedang terjadi. Dan jika sedang merasa lemas, perbanyak minum air kaldu (it works well!)

Post a Comment

© Family and Lifestyle Blog