Tuesday, February 13, 2018

Weekly Stories #3 - No Gadget Day


As a millenial parents, sering ga sih mama papa sambil di depan layar smartphone saat melakukan aktivitas bersama anak? Waktu lagi makan, main atau sewaktu lagi ngobrol? Atau pernah ga sih anak-anak tuh ngingetin kita hal semacam, "Mama, udah dong main HP nya", atau "Papa udah dong kerjanya, yuk kita main!" Hmm, actually teguran simple seperti itu baru saja saya dan suami alami belakangan ini. Then we realize, we've been too busy with our works. So i came up with an ideas to have a No-Gadget Day every weekend. Dengan ide ini sih harapan saya bisa menimbulkan hal positif dan kreatif untuk Naaya dan juga memperkuat bonding kami berempat.


Minggu kemarin, kami pun sepakat menerapkan No Gadget Day yang langsung kami terapkan 2 hari sekaligus yaitu di hari Sabtu dan Minggu. Di first trial ini kami pun memutuskan untuk menginap di apartment juga agar lebih banyak kegiatan yang bisa kami lakukan bersama. Dalam satu hari tanpa gadget tersebut, rencananya kita semua tidak boleh bermain handphone, mainan elektronik, menonton televisi or yotube ataupun mama-papa ga boleh deh tuh intip-intip laptop. Cuma memang untuk first trial ini kita coba agak longgar, kita eliminasi di pekerjaan dan laptop terlebih dahulu, jadi penggunaan handphone sesekali masih diperbolehkan.


Hari pertama di hari Sabtu, ternyata cukup berat. Pagi hari saya sudah melihat notification di hp yang meminta saya cek email segera karena ada urusan urgent. Gatalnya bukan main mau buka laptop tapi saya tahan-tahan sekuat mungkin deh. Saya cyma read beberapa chat urgent dan berusaha untuk ga bales, karena kalau say abales wait atau nanti, saya udah tau balesannya, either maksa untuk ngecek segera atau diledekin tim kerja saya HAHA. Akhirnya pagi itu saya langsung coba untuk mengalihkan pikiran dengan mengajak anak-anak berenang.


Pagi itu habis mandi dan sarapan Naura langsung ketiduran lagi jadi terpaksa ditinggal di kamar sama mbak nya dan kita bertiga pun pergi berenang kelantai atas. We really having fun, kaya berasa udah lumayan lama aja nggak bener-bener main serius tanpa pikiran ke kerjaan atau apapun. Biasa ajak Naaya berenang pun aku paling cuma nunggu di pinggir kolam.


Sehabis berenang, kita pun balik ke kamar untuk cek Naura dan ternyata dia sudah bangun. Kakaknya pun kasih ide untuk lanjut main di ruangan bermain anak-anak yang tersedia di area apartment, dan tanpa pikir panjang saya dan suami langsung mengiyakan ide kakak Naaya.



Ehhh disini aku masih menggunakan kamera, tapi ga banyak foto yang diambil makanya beberapa blur yang kupost di instagram, soalnya kamera kan termasuk gadget, jadi memang kubatesin penggunaannya hanya untuk dokumentasi kilat.


Mereka berdua kami perhatikan sibuk sekali dengan berbagai macam mainan dan ga lupa ajak saya dan suami untuk ikut involved, saya dan suami pun asik sendiri main bareng dan ketawa cekikan selama kurang lebih sejam diruangan itu. Saya sendiri sampai sempet ketiduran karena berasa rileks aja gitu habis berenang lanjut ketawa main-main.


Sehabis dari ruangan bermain, kita pun menyempatkan diri untuk makan malem bareng di sekitar apartment, dan seru juga banyak kisah yang diceritakan kakak Naaya entah itu kisah di sekolah atau kisah random yang selama ini mungkin aku dan suami kurang fokus mendengar kisah kakak Naaya karena terpaku oleh gadget.

Lesson learned, ternyata memang penting banget loh hari dimana kita benar-benar tidak menggunakan gadget. Padahal ini aku dan suami belum sepenuh nya lepas dari gadget loh di first week trial, penggunaan HP masih sesekali kami gunakan hanya untuk urgent calls dan messages. Ternyata baru begini saja rasanya beneran ploooooong banget, meskipun suer awalnya tuh pas pagi pagi agak deg-degan mikirin beberapa hal yang pasti riweuh kalau ditinggal.

Dan lucunya pas sore anak-anak pules saya pun membalas beberapa miscall dan message dengan santai dan ga panik karena mikirnya yaudahlah udah seharian ga dipegang, dan ternyata ya biasa aja, meskipun urgent, they actually can wait. Jadi hati lega banget pas mau tidur kemarin pokoknya. Otak juga berasa fresh karena ga harus mikirin hal-hal diluar keluarga.

Ah, pokoknya mau diniatin minggu depan harus bener-bener gadget free! Wish us luck!
Cussss silahkan dicoba satu hari dalam seminggu untuk terapin No Gadget Day!

Thank you for reading and have a nice day!

Post a Comment

© Family and Lifestyle Blog