Sunday, March 11, 2018

Choose Your Ingredients #1 - Salmon


Halo, yang udah nungguin resep MPASI mana suaranya? Nih tengah malem aku sempatkan melipir ke blog dan nulis kilat sebelum bobo cantik. Oh iya, artikel kali ini agak beda dari artikel resep yang biasa aku tulis. Biasa kan satu artikel satu resep nah karena belakangan ini aku suka gak sempet kalau harus nulis resep menu nya satu persatu, aku mau coba bikinin beberapa menu dalam satu artikel tapi dengan satu bahan ya. Minggu ini aku akan share beberapa resep yang menggunakan bahan dasar Salmon.


Nah minggu ini, aku beli salmon 1 kg untuk dirumah karena belakangan ini lagi merasa kebanyakan konsumsi ayam daging terus berasa ga afdol kalau belum konsumsi ikan. Jadi menu dirumah kalau kalian perhatikan di instastories tuh serba salmon, cuma beda di kreasi nya aja supaya orang rumah terutama anak-anak ga bosen. Jadi pas deh untuk coba sekalian bikin artikel resep dengan tema per bahan. Minggu ini aku coba bikin bubur salmon, salmon macaroni sama baked salmon rice. Aku rangkumin resepnya di satu blog post ini ya.

Sedikit tambahan informasi, salmon itu punya kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 pada ikan salmon melebihi kandungan pada ikan-ikan yang lain kalau aku baca di beberapa artikel, makanya jenis ikan salmon bagus buat mengoptimalkan perkembangan otak anak dari mulai perkembangan saraf, mata dan otak. CMIIW yaaa. Oh iya ini semua resep untuk menu lunch dan dinner Naaya dan Naura, kalau untuk resep utama family meal ga sempet kefoto paling kemarin tuh cuma bikin Sup Ikan Salmon sama Grilled Salmon aja.

#1 Bubur Salmon and Kale
Sungguh, ini gampang banget buatnya mamah-mamah. Sebut saja ini resep mager dan males mikir tapi sangat bernutrisi, haha.


Bahan:
Trio Bawang, Unsalted Butter, Salmon, Kale, Kaldu Salmon

Cara memasak:
  • Cuci beras dan masak hingga menjadi bubur
  • Siapkan wajan lalu panaskan UB dan tumis duo bawang (bawang putih dan bawang bombay) hingga harum
  • Iris kecil salmon, masukkan ke wajan lalu tumis hingga matang
  • Tambahkan sedikit sea salt, merica dan 1 sdm kaldu salmon (optional)
  • Masukkan potongan kale, aduk hingga matang
  • Angkat tumisan salmon dan kale lalu campur ke bubur
  • Sajikan dengan tambahan butter / keju sebagai lemak tambahan
#2 Baked Cheesy Salmon Rice
Menurut aku pribadi, ini simple juga, tapi mungkin buat beberapa orang agak lebih tricky karena perlu dipanggang. Ini bisa dibilang Picky-Eater approved, karena kakak Naaya doyan, hehe.


Bahan:
Bawang Merah, Bawang Putih , Salmon, Tomat, Keju Cheddar, Keju Mozzarela, Oregano

Cara memasak:
  • Siapkan bahan. Cincang salmon, iris tomat, potong bawang dan parut keju.
  • Panaskan UB. Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum
  • Masukkan salmon, tumis hingga salmon berubah warna.
  • Tambahkan tomat (ini aku masukinnya terakhir karena cepat matang), aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan nasi, aduk rata lalu tambahkan keju cheddar parut dan oregano (optional)
  • Angkat tumisan lalu pindahkan ke aluminium foil
  • Beri topping keju mozarella diatasnya. Panggang pada di suhu 180 selama 10 menit.
Nah, kalau based on foto diatas pasti bingung di bagian mana mozarella nya kan? Jadi.... pas mau dipanggang saya baru sadar kalau mozarella di kulkas abis hahahaha *so emak-emak* jadi ya dipanggang tetep tapi ga pakai mozarella T_T Sebut saja, baked rice.

#3 Macaroni Carbonara Salmon
Pasta oh pasta, jenis karbo yang selalu jadi penyelamat saat anak GTM. Anak mana yang ga doyan pasta, selama pengalaman hidup punya anak GTM macem kakak Naaya sih pasta never failed us. Bosen juga kan kalau nasi mulu anaknya. Resep awal niatnya Macaroni Carbonara Salmon and Brocolli, apa daya saya udah potong-potong eh lupa masukin wajan, huft. Bu ibuk pas contek resep ini jangan ikutan lupa masukin sayuran yaaaaa, haha.


Bahan:
Bawang Bombay, Bawang Putih , Salmon, Brokoli, Keju Cheddar, EVO, sea salt, merica, kaldu salmon, susu UHT.

Cara memasak:
  • Cuci terlebih dulu brokoli dan rendam sekitar 5-10 menit dengan air garam (jangan lupa dimasukkin ke wajan entar ya....), lalu potong kecil-kecil ikan salmon.
  • Rebus brokoli selama 5 menit kemudian angkat dan tiriskan
  • Rebus macaroni 5-15 menit sampai al dente dan kemudian masukan ikan salmon yang sudah di potong kecil kecil tadi setelah itu angkat tiriskan
  • Iris bawang putih dan bawang bombay lalu panaskan minyak di wajan (saya pakai EVO) kemudian tumis duo bawang tadi sampai harum
  • Masukan sea salt,  sedikit merica, 1 sdm keju cheddar parut dan 1 sdt kaldu salmon (optional) lalu masukkan macaroni,brokoli dan ikan salmon filet yang sudah di rebus tadi dan aduk rata.
  • Tambahkan susu UHT, aduk hingga kental. Aduk rata, lalu sajikan.

Satu bahan mingguan yang berhasil diolah menjadi beberapa resep yang sukses bikin anak-anak lahap minggu ini. Sebenernya masih banyak juga ide kemarin kaya mau bikin Perkedel Salmon, Nugget Salmon cuma ternyata salmon nya udah keburu ludes untuk lunch and dinner jadi mungkin di bulan depan pas berkreasi dengan salmon lagi deh. Semoga resep resepnya bermanfaat!

Thank you for reading and have a nice day!

Post a Comment

© Family and Lifestyle Blog