Saturday, March 23, 2019

Our First Roadtrip - Hi Yogyakarta!


Cerita yang ditunggu para netijen tentang perjalanan kami menuju Yogyakarta akhirnya rampung juga. Inilah roadtrip pertama kami sekeluarga yang memang ditujukan untuk berlibur dan memperkenalkan jalur darat sebagai alternatif bepergian ke luar kota ke anak-anak.

Sebenernya pernah sih kita sekeluarga menempuh jalur darat untuk pergi ke daerah Bontang, Kalimantan dalam rangka pelantikan salah satu keluarga yang menjadi Walikota disana. Waktu itu perjalanan nya tengah malam dan kami menggunakan supir yang ditugaskan pihak keluarga, dan kami tidur dari awal berangkat dari Samarinda menuju Bontang, jadi lebih ke Business Trip aku anggap hahaha bukan dalam rangka liburan.

Nah, roadtrip kali ini benar-benar adalah usul dadakan tanpa ada persiapan yang rempong. Simple dan cepat, ga banyak mikir kalau kata suamiku haha. 2 hari sebelum keberangkatan aku baru mulai sibuk menyiapkan mobil, cek kondisi mobil, sampai bersihin mobil dan melengkapi peralatan seperti Carseat, Mainan dan Snack Jar di mobil lalu cuci mobil sampai bersih. H-1 kita baru packing dan bahkan ga mempersiapkan Itinery apapun. Kita hanya mengandalkan Waze dan Google Maps untuk sampai ke Yogyakarta. Asli.


Kita berencana berangkat pukul 1 pagi supaya bisa sampai pagi di Yogya dengan perkiraan 10-11 jam perjalanan. Eh ternyata molor dong karena aku sampai rumah kemaleman akibat ada kerjaan, aku sampai sekitar jam 2/3 pagi gitu dan beberes sebentar lalu kita cus jam 4 subuh. Anak-anak kita angkut waktu masih tidur, mobil udah disusun selimut dan bantal-bantal supaya mereka nyaman. Oh iya, aku tidak menganjurkan kasur mobil yang lagi 'hits' sekarang itu sih, soalnya bener-bener mengurangi space untuk anak-anak duduk dan bermain, lagi pula hanya bisa ditaruh ditengah tidak bisa dibelakang. Better siapin bantal-bantal dan selimut aja.

Perjalanan pagi itu dimulai dari suami ku nyetir masuk tol JORR dari Tanah Kusir. Saya sempat tertidur pulas sampai ke Rest Area Cibubur karena memang belum sempat tidur, baru saya melek lagi dan menemani suami menyetir sambil sesekali melirik map. Disini aku sempat isi bensin Pertalite full sekitar Rp 300.000 untuk mobil Xpander.


Pemberhentian pertama pagi itu sekitar pukul 09.00 pagi adalah Nasi Jamblang Bu Nur, di Cirebon. Biasalah, rekomendasi google dan netizen yang budiman. Begitu sampai lumayan kaget liat antriannya, cukup mengular tapi masih tolerable lah buat kita. Begitu kita sudah pesan dan duduk makan, eh antriannya mengular sampai keluar-keluar gitu. Well, we're arrive in a right time! :p

Makanan nya cukup beragam, harga pun bisa dibilang miring.

Makan berlima, di gambar ini belum termasuk nasi ayam goreng anak-anak total 105.000


Nah berlanjut ya, kita langsung melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta. Aku langsung rangkumin dulu ya tol-tol yang aku lewatin karena ini yang paling ditanyain para netizen dan memang kita hanya stop di beberapa rest area saja, ga keluar-keluar lagi dari tol. Di salah satu rest area ini kita sempat isi bensin lagi sekitar Rp 250.000 karena sudah mulai habis dari isi terakhir di Rest Area Cibubur. 

Ruas Tol JORR, tarif Tol JORR Rp 9.500Ruas Tol Jakarta-Cikampek, tarif Tol Jakarta IC-Cikarang Rp 4.500Ruas Tol Jakarta-Cikampek, tarif Tol Cikarang-Cikampek Rp 10.500Ruas Tol Cikampek-Palimanan, tarif Tol Cikampek-Palimanan Rp 102.000Ruas Tol Palimanan-Kanci, tarif Tol Palimanan-Kanci Rp 12.000Ruas Tol Kanci-Pejagan, tarif Tol Kanci-Pejagan Rp 24.000Ruas Tol Pejagan-Pemalang, tarif Tol Pejagan-Brebes Timur Rp 20.000Ruas Tol Pejagan Pemalang seksi Brebes Timur-Pemalang Rp 20.000Ruas Tol Pemalang-Batang, tarif tol Pemalang IC - Kasekaran 34.000Ruas Tol Batang-Semarang, tarif tol Kalikangkung 75.000Ruas Tol Semarang-Solo, tarif tol Salatiga - Kertasura Rp 32.500
Dari list diatas tadi, kalau aku hitung kurang lebih tarif tol yang aku lewati sekitar Rp 344.000, pokoknya begitu sampai Yogyakarta aku cek saldo E-Money itu yang tadinya sekitar Rp 650.000 sisa 308.000 jadi ya abisnya kurang lebih sekitar segitu lah ya,. Oh iya ini berdasarkan catatanku dan suami - karena ada kalanya kita gantian menyetir dan tidur, tapi mohon maaf kalau ada kelebihan atau kekurangan saat mencatat. Angka yang aku tulis ini hanya untuk perkiraan kalian saja ya. Beberapa aku lupa tarifnya namun hanya ingat ruasnya jadi aku coba googling, jadi takut juga ada perbedaan harga.

Kami entah berakhir exit gerbang tol yang mana karena saya ngantuk banget dan tertidur cukup lama dari mulai Tol Pemalang dan yang aku inget sebelum masuk Yogya kita tuh ada di deretan Jalan Raya Yogyakarta-Solo sekitar pukul 5 sore. Nah salah satu resto yang kita singgahi di jalan ini namanya RM Joglo Prambanan kalau gasalah karena hanya ini satu satunya yang buka. Padahal masih jam 4 lewat, dan kita udah berencana mampir ke Warung Soto Bebek Bu Siswo (Rekomendasi Google hehe) tapi entah kenapa tutup semua. Kalau kata orang resto yang kita singgahi sih karena disitu rata-rata jam 4 sudah tutup. "Hmm, jadi orang makan malem dimana dong?"

Early dinner kami yang hanya menghabiskan total 120.000 saja untuk 5 orang.

Sesampainya di Yogya melewati area Candi Prambanan itu sekitar jam setengah 7 malam, berarti kami sudah di jalan kurang lebih 14 jam dengan total 4x pemberhentian (Cirebon, 2 Rest Area, Jalan Yogyakarta-Solo atau area Klaten) dengan total keseluruhan untuk keberangkatan yang bisa aku rangkum adalah; untuk bensin kita menghabiskan sekitar Rp 550.000 dan Tol Rp 344.000. Lengkap ga tuh rekapannya?

Nah sekian dulu ya rangkuman keberangkatan nya! Post tentang kegiatan selama di Yogyakarta akan aku post di beberapa artikel terpisah supaya lebih rapi. Dimulai dari Yogya Day 1 - Yogya Bagian Timur lalu Yogya Day 2 - Yogya Bagian Kota dan terakhir ada Yogya Day 3 - Yogya Bagian Barat :)

Thank you for reading and have a nice day!

Post a Comment

© Family and Lifestyle Blog