Saturday, August 10, 2019

Singapore Trip - Family Itinerary 4D3N

Another late post. Hobi banget kayanya bikin blog post telat ya, hehe. Tapi kan lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali ya, #ngeles. Travelnya 4 bulan lalu, baru ditulis sekarang hebat kan? Haha, Karena dalam waktu dekat ini aku sama anak anak akan travelling lagi, jadi utang post cerita travelling nya segera aku tuntaskan deh nih biar ga numpuk. Happy reading!

Day 1
Arrival
Bulan februari lalu, saya dan suami merencanakan surprise trip untuk anak-anak ke Singapore. Saya sendiri beneran masih belum berani pergi jauh-jauh sama mereka karena kondisi Naura yang cukup tricky dan sering bikin panik. Asli, nanti di cerita kali ini juga ada loh cerita menegangkan Naura hehe so keep on reading.

Rencana perjalanan kali ini adalah 4 hari 3 malam, dan juga ada beberapa teman teman Naaya lainnya yang akan meramaikan perjalanan ini. Kita berangkat tanggal 08 Februari 2019 dan mengambil flight siang sekitar jam 2. Teman-teman Naaya lainnya ikut yang flight pagi kalau kita karena tiket paginya habis jadi ga bisa ikut gabung. Kita sampai cukup sore sekitar jam 5:10 dan kita saat itu stop di Terminal 4 Changi yang paling baru. Ih bahagia turun disitu masih bagus banget memang dan super duper bersih. Untungya kita ga terlalu lama nyangkut di Terminal 4 karena foto-foto mengingat kita mendarat juga sudah cukup sore.

Sesampainya di airport, saya langsung membeli SIM Card Singtel untuk HP saya dan suami, saya menghabiskan sekitar 90SGD untuk SIM Card dan Paket ini. Asli ini salah satu kebodohan besar sih, pas di jalan saya inget-inget biasanya saya beli paling 20SGD dan suka beli di Lucky Plaza, kenapa beli di airport ya mahal-mahal huhu. Efek baru pulang dari Thailand kayanya dan masih terngiang harga Baht, jadi pas dibilang 90SGD hati saya merasa itu murah. Padahal, nyaris sejetong bok. Duh karena di shuttle bus baru di tegur paksu baru saya sadar kalau saya tadi ga ngitung, asal main beli aja hahaha. Maapin, beb!

Dari terminal 4 kita naik Shuttle Bus menuju Terminal 2 Changi untuk naik MRT ke arah kota untuk menghemat budget, karena pengalaman ku beberapa kali ke Singapore untuk naik Taxi dari Airport ke City bisa mencapai 30SGD alias 300ribuan sendiri. Untuk perjalanan selama di spore sih kita plan akan banyak naik taksi nanti nya, tapi karena hari pertama ini badan masih seger, kayanya masih okelah naik MRT. Perjalanan dari Terminal 4 ke 2 cukup cepat sih sekitar 5 menit saja dan keadaan bus juga sangat nyaman. Tapi memang disini bisa dibilang saya agak kesulitan megang Naura sih karena dia mau manjat sana sini sedangkan bus nya cukup sering berbelok tajam. Yap, perjuangan baru dimulai.

Sesampainya di Terminal 2 kita langsung mengikuti sign "Train to City" yang terletak di basement Terminal 2. Karena letaknya di basement, ya memang agak sulit kalau kalian bawa banyak bawaan ya, dan lumayan jauh jalannya. Sampai di basement kita langsung beli Ez-Link Card untuk Single Trip ke Sommerset. Kita transit dulu di City Hall Station, ini kurang lebih memakan waktu sekitar 20 menit, lanjut kita ganti train ke Sommerset yang hanya memakan waktu 10 menit. Jadi in total setengah jam kita dari airport menuju ke area Sommerset. Sesampainya di Sommerset, kami berjalan kaki ke arah hotel kami yang letaknya cukup strategis yaitu Hotel Chancellor@Orchard.

Hotel kami memang strategis, tapi menemukan jalan kesana cukup sulit karena fokus nya terpecah dengan anak-anak lari lari dan gerek gerek koper. Berapa kali kita salah jalan jadi malah memperlambat perjalanan kami, alhasil baru hari pertama sampai Singapore kaki ku dan suami udah berasa nyut-nyutan. The struggle is real.

Sampai di hotel, kita langsung menyapa teman-teman kami dan anak-anaknya berkumpul lalu kita memutuskan untuk makan malam. Kita makan malam di Food Republic, Food Court di 313@Sommerset - pilihan jatuh di foodcourt ini karena hanya ini tempat terdekat dan masih buka mengingat saat jam kami keluar makan malam ini sudah menunjukkan pukul 21.00 disini. Not my first time eating in here, karena aku sudah pernah beberapa kali makan disini jadi serunya tuh kalau lagi galau mau makan apa, all i need to do is just look all around and see all the different food stalls first lalu mendadak jadi ada ide mau makan apa karena pilihannya banyak, hihi.

Di food republic ini makanan nya rata-rata berkisar sekitar 7SGD. Worth to try dan halal disini adalah Nasi Hainan, dan ada satu stall Japanese Food near the Drink Counter yang aku lupa namanya tapi cuma itu japanese food yang halal, ada satu lagi yang di depan tempat bermain semacam timezone gitu itu ga halal ya teman-teman. Malam itu alhamdulilah Naaya lahap makan kayanya karena capek di perjalanan, tapi adeknya..... mendadak mogok makan. Oh no banget. Sampe aku pesan dua menu sekaligus pun ga ada yang mau dia sentuh. Padahal kita nya deg-degan takut dia masuk angin. Sehabis makan, kita langsung kembali ke hotel beristirahat karena keesokan hari nya kita akan langsung menuju ke Universal Studios Singapore.

Day 2
Universal Studios Singapore
Hari kedua kita kesiangan bangun, kita baru bangun sekitar jam 8.30, lanjut mandi dan lain sebagainya baru berangkat sekitar jam 10 which is super kesiangan. That's why its super hard to stick on your itinerary when you have kids, haha.

Pagi itu kita memutuskan untuk naik taxi, efek semalam kaki benar-benar sakit saat perjalanan dari airport dan pakai acara nyasar menuju hotel. Kita pesen grab sih, yang kebetulan jauh lebih murah daripada taksi konvensional. Kita naik grab menghabiskan kurang lebih 18SGD - Cukup worth it lah ketimbang jalan ke MRT, karena MRT mengarah ke USS itu cukup tricky dan agak jauh jalannya apalagi bawa anak-anak. Sesampainya di USS, kita langsung mencari tempat makan terlebih dahulu. Kita makan nasi hainan di area foodcourt yang terletak diatas, dekat Globe Universal. Naaya aku suruh isi amunisi yang banyak sedangkan Naura, masih mogok makan. Duh. Kembali boros karena aku sampai beli dua jenis makanan lagi berharap ada yang mau masuk ke perutnya. Alhasil, masih minum susu coklat aja sedaritadi.

Papanya sempat puter otak untuk turun ke bawah beli Bread Talk supaya Naura mau makan, dan memang sih lumayan karena berhasil masuk beberapa suap. Ya daripada dia tidak mau makan sama sekali. Sehabis makan kita langsung siap-siap masuk ke USS, aku beli tiket di Traveloka karena waktu itu sempat ada promo jadi lebih murah, untuk 2 adult and 1 kids (Naura belum dihitung) total nya kurang lebih Rp 1.900.000.

Kita serombongan, total 6 adult and 6 kids
Aku akan langsung rangkumin beberapa area yang cukup entertaining buat anak seusia Naaya dan Naura ya disini. Naura sih ga terlalu banyak ikut area permainan ya karena umur nya juga banyak yang belum mencukupi. Dia hanya sibuk melihat pawai sesekali dan juga naik perahu-perahuan. Ini btw alurnya dari pintu masuk ya yang kita lewatin apa aja. Foto foto juga aku ambil dari website Universal Studio / RW Sentosa ya, karena ga sempat foto foto pastinya didalam. Untuk video video keseruannya bisa cek di highlight Instagramku dengan Judul SG.
  • Interactive Transformers Autobot Show

Karena pas jam kita sampe lagi ada show robot, jadilah kita liat ini dulu. Say hi to Autobots, Optimus prime sama Bumblebee in a real size. Naaya cukup takjub liat robot nya, beneran sekeren itu. Kita antri foto foto sebentar meskipun antrian panjang, kaya around 10 mins aja, karena untuk foto juga mereka strict banget, satu family satu jepret udah ga boleh nambah lagi.
  • Madagascar Crate Adventure
Source: RW Sentosa

Salah satu wahana yang bisa dibilang jebakan betmen, tapi untung anak-anak happy, jadi bisa kumaafkan. Jadi, ini dari luar antriannya keliatan sangat kosong melompong, sampe dalam juga terlihat dekat banget sama perahu perahu, gataunya masih panjang banget lewat lorong lagi, pas kita give up mau keluar intinya udah susah deh. Jadi pasrah antri disini, ada kali satu jam sebel banget. Naaya yang biasa happy ngantri udah sampai bete mau nangis, akhirnya kita coba tenangin dengan nyanyi-nyanyi bareng. Kita juga udah mau keluar saat itu tapi beneran ga bisa saking udh keburu di depan depan dan antrian udah mengular.

Begitu sampai boat, betenya hilang. Kaya istana boneka gitu deh kalau di dufan, kita masuk pakai boat dan dialamnya disambut Alex, Marty, Melman and Gloria dari film Madagascar. Ini istana boneka versi lebih rapi lah, seru bagian nyanyi-nyanyi "I like to move it move it.... We like to move it move it!". Naaya Naura teriak teriak kesenangan sembari joget, lupa kalau tadi mau nangis nahan kesel haha. Intinya kalau kalian mau antri ini, hati-hati deh suka jebakan betmen. Terlihat sepi namun..... 10 tahun kemudian...
  • Shrek 4D Adventure
Source: RW Sentosa

Ini seru banget sih bawa Naaya dan Naura. Mereka enjoy banget, ceritanya di dalam mereka bantuin princess fiona dan dengan OrgeVision kita bener bener merasakan kejadiannya dari bangku. Ada lonjakan, goyangan, semporotan air gitu sembari duduk. Seru!

Pengalaman baru buat Naura tapi untuk kakak Naaya sih dia udah pernah naik ini waktu usia nya 2 tahun, tapi pas ditanya ya udah lupa sih, haha.

After this, we missed the Treasure Hunters, because the line up is sooooo bad. Sampe keluar-keluar gitu, well ga merasa rugi banget sih karena memang sudah pernah naik wahana ini sama Naaya dulu. Cuma sedih ga bisa ajak Naura, jadi kaya naik jeep gitu kelilingin Egyptian Exvacation Site yang ceritanya udah terbengkalai. Ini padahal termasuk yang seru kalau bawa Naura, huhu.
  • King Julien's Beach Party-Go-Round'
Source: RW Sentosa

Go-Round ini is a must ga sih? Haha kaya ini udah pasti bisa dinaikin semua anak-anak. Go-Round nya bertema Madagascar, nanti pas muter dipasang lagu-lagu Madagascar, so fun! Disini papa Naaya aja yang naik sama Naura, karena Naura mau tidur.
  • Sesame Street Spaghetti Space Chase

Yang ini mah sebenernya pertama banget kita temuin pas awal pintu masuk, tapi karena antriannya sampe keluar-keluar, eh pas sore mau pulang kosong melompong, jadilah kita masuk. Saranku berarti kalau si Sesama Street Rides ini mendingan sore deh. Jadi mereka ceritanya ke space gitu ada misi sama Elmo untuk stop penjahat (aku lupa namanya kalau ga salah Macaroni namanya haha) untuk mencuri spaghetti-spaghetti yang ada di bumi. Gemes kan? Di dalam kaya naik pesawat gantung gitu, tapi aman banget kok buat 2Y juga. Terus didalem sok sok tembak-tembakan. Kalau anaknya kurang suka gelap dan suara-suara, nah didalem ini gelap ya jadi memang ada kilatan lampu-lampu dari si tembakan aja atau gambar-gambar Sesame Street, jadi hati-hati anaknya panik.

Luckily, sedang ada Imlek Show gitu disana karena memang pas minggu Imlek kita dateng, jadi sepanjang di Universal memang ada parade Gru, Minion, Puss in Boots sampai Sesame Street pake baju Cheongsam. Gemes-gemes banget serius! Hihi, sore-sore kita bahkan sempet nonton Abby dan Big Bird dalam balutan Cheongsam, dan terakhirnya mereka bagi-bagi Fortune Cookies ke anak-anak.

Meanwhile, pas show terakhir suami suami di sore hari melipur main Cyclon sebentar. Enaklah, antrian udah mulai sepi dan mereka hiburan dulu wakakak. Keluar keluar wahana muka pria kusut semua, tapi nagih katanya. Untung udah sore, kalau mereka ngulang lagi bete juga nungguin haha. Sebelum pulang ga lupa deh ya bungkus dulu si famous turkey leg, Merilyn's. Ga afdol banget lah kalau ga makan itu, hihi. Hari kedua ini ditutup dengan kita pulang naik Grab dan anak-anak tepar berat karena main sampe sore :p

Source: RW Sentosa

Lanjut dikit ya di hari kedua ini sesungguhnya ada sedikit drama. Naura mendadak sesak nafas di hotel dan aku ga bawa peralatan apa apa. Ah, kesel sama diri sendiri. Karena abis check up sebelum berangkat dinyatakan aman dengan pinternya aku ga bawa Nebulizer, dan pulang dari USS Naura udh lemes, dan bener dong di hotel sesek. Kita udah siap siap mau bawa ke UGD Mount Elizabeth malem itu dengan segala pertimbangan, tapi karena sempat dapat saran untuk akhirnya uap pakai air panas dan minyak kayu putih, eh aman sejahtera dong dia tidur lagi nyenyak alhamdulilah. 1 jam penuh drama nunggu sesaknya reda. Stressful banget sih. Pelajaran deh buat next time travelling tetep kudu wajib bawa Nebu.

Day 3
Gardens By The Bay

Yeay, akhirnya kesampean kesini! Kita ga langsung ke Marina Bay sih, hari ketiga ini dimulai dengan belanja alias morotin kartu suami dulu di Orchard wkwk belanja keperluan anak anak, dan istri tentunya, haha. Lanjut abis belanja kita naik MRT menuju Marina Bay. Ini dua kali nyambung, turun pertama aku lupa di stasiun mana. Next nya ambil yang menuju Marina Bay.

Kita berjalan cukup jauh dari stasiun MRT ke area Gardens By The Bay, tapi karena stasiunnya memang masih tergolong baru jadi masih super apik. Sesampainya disana kita ditawarkan kendaraan shuttle untuk masuk kedalam, tapi kayanya sayang ya untuk dilewatkan, karena pemandangan sekitar tuh hijau dan bagus-bagus gitu loh, jadi kita masih memutuskan untuk jalan. Perjalanannya lumayan panjang, kalau males jalan i suggest you to take a shuttle bus, per orang kena kalau gasalah 3SGD, anak kecil juga dihitung.

Sepanjang jalan kita foto-foto, karena area luarnya bagus banget sih. Lalu kita berhenti di McD karena kelelahan, haha serius jauh jalannya. Agak menyesal juga terakhirnya ga naik shuttle wakaka. Banyak tanaman hijau dan anak anak bisa jalan-jalan puas disini, dan semua gratis hehe kecuali kalau masuk ke Flores Dome atau Cloud Forest sih, masih masuk ke wishlist nih karena belum sempet masuk. Selain karena anak anak malahan capek udh lari lari duluan di taman terbuka dan minta udahan, waktu juga mepet, kita semua pulang deh. Pokoknya wajib masuk sana kalau ada rejeki balik kesini lagi hehe.

Sepulangnya dari Gardens By The Bay, kita mampir ke mall Marina Bay Sands. Niatnya mau makan malam disitu sama sedikit belanja lagi deh, haha. Kaki udah ga bisa bohong sih, cenat cenut luar biasa meanwhile anak anak masih kaya full battery, ya iyalah sempet bobo dulu abis dari GBTB ke Marina Bay. After dinner, kita denger suara fireworks dan bahkan terlihat cantik banget diatas atap atap MBS, karena kepo kita akhirnya mengintip keluar dan ternyata sedang ada Marina Bay Festival, wah another lucky moment. Anak-anak jadi main main lagi. Plus sedang ada iLight Singapore dimana para artis dan seniman memasang instalasi instalasi yang cantik cantik banget, bahkan katanya ada beberapa yang melambangkan sejarah Singapore. Puas banget deh hari ketiga ini.

Day 3
Back Home

Pulang! Sebelum pulang masih ada waktu ngiderin Orchard Road, koper kita titip di lobby hotel while kita belanja lagi di area Orchard. Kita makan siang di Paragon dulu karena ga berani jauh-jauh, dan anak-anak dapat jatah belanja di Toys R' Us dari bapaknya dan ada nya di Paragon jadi sekalian.

Sepulangnya dari Paragon, ga lupa mampirin eskrim roti di pinggiran jalan Orchard sembari foto-foto, lanjut beli beberapa oleh oleh makanan di sekitaran Orchard untuk dibawa pulang ke Jakarta. Alhamdulilah, sore hari kita balik ke hotel on time, lanjut pesan Grab untuk mengantar kita ke Bandara.

Pulangnya masih tetep melalui terminal baru, agak tricky kalau baru pertama kali karena disini semua bener-bener sendiri, self check-in, masukin bagasi satu persatu, it took me almost 30 mins to finish all check in stuff, beberapa kali mau nanya bingung juga kemana ga ada orang but we made it! Jadi kalau kalian pulang di terminal baru, terus bawa rombongan sirkus (aka ramean) mendingan agak early sih datengnya saranku.

Semua serba sendiri, tapi tetap tertib dan rapi. Keren!

Well, sekian cerita family trip kali ini ke Singapore. Dengan kerepotan dua bocah, ternyata lelah nya tetap seru kok! Hihi. Karena salah satu family goal kita saat ini adalah untuk travelling bareng sekeluarga setahun minimal 2x, berarti akhir tahun harusnya ada another trip nih, haha. Kode ke suami, duh semoga dibaca nih blog wkwkkw. Kira-kira kemana ya enaknya? Any ideas?

Thanks for reading and have a nice day!